Persepsi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam terhadap Praktik Pengalaman Lapangan Berbasis Lesson Study

  • Evva Aini Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Desy Fitriyani Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • M. Adin Setyawan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Keywords: Persepsi, Mahasiswa, Pendidikan Agama Islam, Praktik Pengalaman Lapangan, Lesson Study

Abstract

This research aims to describe the perceptions of Islamic Religious Education students regarding the implementation of Lesson Study-based Field Experience Practices. This research uses a qualitative approach with a case study method. The research subjects were students of Islamic Religious Education at the State Islamic University of K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan who is currently or has taken the Field Experience Practice course. Data was obtained through interviews, observation and documentation. Data analysis was carried out by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research show that Islamic Religious Education students have a positive perception of Lesson Study-based Field Experience Practices. Islamic Religious Education students experience the benefits of lesson study, such as increasing pedagogical, professional, personal and social competencies. However, students also face several obstacles, such as limited time and difficulties in designing collaborative learning. 

References

Apriani, Fitri. Dkk. 2015. Kemampuan Kolaborasi Mahasiswa pada Perkuliahan Bimbingan Perawatan Anak Melalui Kegiatan Lesson Study. Jurnal FamilyEdu, 1(2), 1–15.
Azizah, Nurul. 2023. Pemikiran KH. Hasyim Asy’ari Tentang Konsep Pendidikan. Ta’lim Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 25–32.
Chonitsa, Ana. Dkk. 2023. Pengabdian Mahasiswa FTIK UIN K.H Abdurrahman Wahid Melalui Praktik Mengajar Berbasis Lesson Study Di MTS Wahid Hasyim Warungasem Batang. Jurnal Pemberdayaan dan Pengabdian pada Masyarakat, 1(1), 1–12.
Halidjah, Siti. 2023. Pelaksanaan PPL Berbasis Lessen Study Untuk Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa Membuat Media Pembelajaran Sebagai Bagian dari Karakter Profil Guru pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 1–12.
Irwan. Dkk. 2024. Evaluasi Pelaksanaan Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Gazali Barru dengan Model CIPP. Jurnal of Islamic Education, 7(1), 155–167.
Juita, P.D. dkk. 2024. Pentingnya Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3068–3077.
Khairi, Rahmad dan Nofrion. 2024. Refleksi Keterlaksanaan PPL PPG Prajabatan Berbasis Lesson Study Di SMP 4 Padang. Jurnal Pendidikan dan Sains, 4(6), 1–14.
Mahyadi. 2023. Umpan Balik dan Evaluasi Terhadap Kinerja Organisasi: A Literature Review. Jurnal Jimek, 3(2), 1–18.
Misnar. 2024. Paradigma pembelajaran Melalui Lesson Study. Mataram: CV Pustaka Madani.
Putri, T.M.A. dan Nobisa, N.Y. 2023. Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Kupang. Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 1–13.
Rais, Muhammad dan Aryani, Farida. 2019. Pembelajaran Reflektif Seni Berfikir Kritis, Analitis dan Kreatif. Makasar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makasar.
Rejeki, Sri. Dkk. 2018. Lesson Study For Learning Community (LSLC): Pengalaman Berharga Dalam Pengelolaan Pembelajarann Secara Terbuka. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 54–60.
Sagita, Agit. 2023. Strategi membangun Kolaborasi dalam Penelitian tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 1–9.
Sairo, M.N. 2021. Pelaksanaan lesson Study Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal for Lesson and Learning studies, 4(1), 1–7.
Simatupang, Halim dan Aryeni. 2018. Model Pendekatan Lesson Study Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Microteaching. Jurnal Biolokus, 1(2), 1–7.
Somantri, Diki. 2021. Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi. 18(2), 1–8.
Susilo, Herawati. 2013. Lesson Study Sebagai Sarana mengingatkan Kompetensi Pendidik. 1–32.
Utari, P. D. A., Gading, I. K., dan Tirka, I. W. 2018. Pengaruh Konseling Rasional Emotif Behavior dengan Teknik Role Playing Terhadap Self Succorance. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 9(1), 36–45.
Wahyono, Poncojari. Dkk. 2020. Guru Profesional di masa pandemi Covid-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1–15.
Wahyuni, Sri. dkk. 2020. Peningkatan Kompetensi pedagogi Calon Guru Bahasa Inggris Melalui Lesson Study. Semarang: Universitas Negeri semarang.
Wiharto, M. 2018. Kegiatan Lesson Study dalam Pembelajaran. Jurnal Forum Ilmiah, 15(1), 1–9.
Zubaidah, Siti. 2010. Lesson Study Sebagai Salah Satu Model Pengembangan Profesionalisme Guru. Malang: Universitas Brawijawa Malang.
Zulfirman, Rony. 2022. Implementasi Metode Outdoor Learning Dalam Peningkatan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Man 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, 3(2), 1–7.
Published
2024-12-25
How to Cite
Evva Aini, Fitriyani, D., & Setyawan, M. A. (2024). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam terhadap Praktik Pengalaman Lapangan Berbasis Lesson Study. Ta Lim Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 88 - 95. https://doi.org/10.59098/talim.v3i2.1844