STRATEGI KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN UNTUK MENGOPTIMALKAN MUTU PEMBELAJARAN SEKOLAH
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh kebijakan dalam pengadaan sarana dan prasarana pendidikan untuk menunjang mutu pembelajaran. Terutama di jenjang SMK yang pembelajarannya berpusat pada keahlian siswa. Sehingga sarana dan prasarana di jenjang ini harus terpenuhi sesuai kebutuhan dan standar nasional. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, waka sarana dan prasarana, waka kurikulum, guru dan siswa. Hasil penelitian menemukan kebijakan kepala sekolah yang responsif dalam pengadaan sarana dan prasarana pendidikan berpengaruh pada peningkatan mutu pembelajaran siswa SMKN 1 Plosoklaten. Kelengkapan alat dan sarana prasarana pendidikan yang dibutuhkan sekolah segera disediakan untuk menambah semangat dan motivasi dan memudahkan siswa dalam belajar tanpa menunggu regulasi tahunan. Kesimpulannya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran meningkat dan efektif dengan adanya kebijakan yang responsif dalam pengadaan sarana dan prasarana pendidikan, terutama dalam pembelajaran keterampilan.
References
Ainiyah, Q., & Husnaini, K. (2019). Implementasi manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam peningkatan mutu pembelajaran di sman bareng jombang. Al-Idaroh, 3(2), 98–112.
Alwi, A., Sarbini, M., & Kohar, A. (2022). Peran Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran DI SMK Bina Sejahtera 4 Kota Bogor. Cendikia Muda Islam: Jurnal Ilmiah, 1(02), Article 02.
Devi, A. D. (2021). Standarisasi dan Konsep Sarana Prasarana Pendidikan. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 117–128. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i2.242
Fathurrahman, F., & Putri Dewi, R. O. (2019a). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Mendukung Proses Belajar Siswa Di Sdn Puter 1 Kembangbahu Lamongan. JURNAL REFORMA, 8(1), 178. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.141
Fathurrahman, F., & Putri Dewi, R. O. (2019b). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Mendukung Proses Belajar Siswa Di Sdn Puter 1 Kembangbahu Lamongan. Jurnal Reforma, 8(1), 178. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.141
Fathurrochman, I., Siswanto, S., Anggraeni, R., & Kumar, K. S. (2021). Pengadaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Menunjang Mutu Pembelajaran Di Sdn Lubuk Tua Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 8(1), 65–75.
Firdianti, A. (2021). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Gre Publishing.
Hartoni, H. (2018). Impelementasi Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Sekolah Menengah Kejuruan. AL-IDARAH: JURNAL KEPENDIDIKAN ISLAM, 8(1), 178. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3088
Ihsan, R. F. (2021). Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Dalam Menunjang Kualitas Pembelajaran di SMK Teknindo Jaya Depok [bachelorThesis, Jaktarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61016
Ikawati, A. (2018). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran Produktif di SMK Negeri 3 Makassar [Masters, Universitas Negeri Makassar]. http://eprints.unm.ac.id/6305/
Kurniawati, P. I., & Sayuti, S. A. (2013). Manajemen Sarana Dan Prasarana DI SMK N 1 Kasihan Bantul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2331
Matin, & Fuad, N. (2016). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan : Konsep dan Aplikasinya. Rajawali Pers.
Moleong, L. J. (2014). Metode penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah : Konsep, Strategi Dan Implementasi. PT Remaja Rosdakarya.
MUNANDAR, S. C. U. (2002). Kreativitas & Keterbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat (Cet. 2). PT Gramedia Pustaka Utama.
Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15–23. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363
Nurbaiti. (2015). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Manajemen Pendidikan, 9(4), 536–546.
Rahmadi, R. (2017). Meneliti Agama Dengan Menggunakan Mixed Methods. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 15(2), 97. https://doi.org/10.18592/jiiu.v15i2.1292
Ridwanulloh, M. U., & Parawansa, F. C. (2023). Studi Kajian Ilmu Sosial sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Multikultural Siswa Jurusan IPS MAN 2 Kota Kediri. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 283–299. https://doi.org/10.19105/ejpis.v5i2.8514
Safingudin, A. (2020). Menejemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di MTs Negeri Triwarno Kutowinangun Kebumen. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 4(1), 239–262. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i1.220
Saparena, S. (2019). Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Jauharul Iman Senaung Kabupaten Muaro Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Sugandi, A. (2000). Teori Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, S. (2021). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D (Catatan Ke). Yogyakarta. https://scholar.google.com/scholar?cluster=13998996357027442118&hl=en&oi=scholarr
Suryosubroto, B. (2004). Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Rineka Cipta.
Susanto, R., & Sudira, P. (2016). Evaluasi Sarana Dan Prasarana Praktik Teknik Komputer Dan Jaringan Di SMK Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 54. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8115
Westri, Z. (n.d.). Pengaruh Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Di Sekolah Terhadap Efektivitas Penunjang Pembelajaran Siswa. Universitas Negeri Padang Indonesia.
Yin, R. K. (2008). Studi kasus :Desain & Metode. Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK); Raja Grafindo Persada. http://library.stik-ptik.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




