PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PERSPEKTIF AL- QUR’AN (TELAAH SURAH AL HUJURAT AYAT 9-13)

  • Muhajir Musa universitas muhammadiyah kupang
  • Marwan Gozali Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Peranan Guru, Agama Islam, Mengatasi Kesulitan Siswa Membaca Al-Qur’an

Abstract

Belakangan ini di tengah masyarakat yang hidup dengan gaya modern sering melupakan pentingnya pengajaran Al-Qur’an kepada anak.. Adanya permasalahan yang masih ditemukan di SMP Muhammadiyah Kupang dalam membaca Al-Qur’an sehingga perlu adanya perbaikan-perbaikan dalam tata cara membaca sesuai dengan tajwid.  Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang di alami oleh siswa SMP Muhammadiyah Kupang dalam membaca Al-Qur’an. Dari kesulitan- kesulitan tersebut dapat pula diketahui strategi apa saja yang diterapkan oleh guru agama Islam untuk membantu siswa agar mampu membaca Al-Qur’an.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif  yakni penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah Kupang dan Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi . Untuk memperoleh data-data, penulis menggunakan 2 instrumen dalam pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh bahwasanya kesulitan-kesulitan yang dialami siswa-siswi meliputi pengucapan huruf hijaiyah, penguasaan tajwid, pengenalan tanda baca, dan kelancaran dalam membaca. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya minat siswa yang kurang, motivasi dari keluarga yang kurang, alokasi waktu yang kurang memadai, dan sekolah asal lulusan siswa. Adapun strategi yang sudah dilakukan oleh para guru agama Islam di SMP Muhammadiyah di antaranya membaca Al-Qur’an sebelum pelajaran dimulai.

Published
2022-01-29