Kedudukan dan Peranan Guru Serta Peserta Didik dalam Pandangan Islam

  • Mutia Nur Hasanah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya
  • Aisya Sava Rahmadila Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya
  • Mustaufiyatul Khoiriyah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya
  • Taufik Siraj Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya
Keywords: kedudukan, peran, guru, peserta didik

Abstract

Tanggung jawab seorang guru tidak hanya terbatas pada profesinya saja, tetapi ada tanggung jawab lain di bidang kemanusiaan dan kemasyarakatan. Dalam Islam kedudukan guru sangat mulia. Guru bertugas mengamalkan ilmu yang dimilikinya kepada semua orang, pada dasarnya guru mendapat amanah untuk mengajak semua orang mendekat dan beribadah hanya kepada Allah SWT. Peserta didik merupakan mahkuk yang membutuhkan bimbingan dan arahan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan membentuk karakter berdasarkan ajaran Islam. Oleh karena itu perlu adanya pembahasan dan penelitian lebih lanjut guna memperdalam dan memberikan pengetahuan serta wawasan mengenai kedudukan dan peranan guru dan peserta didik khususnya dalam pandangan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang mencakup uraian sistematis tentang kajian literatur serta hasil peneltian sebelumnya para peneliti yang mempunyai kesesuian antara hasil penelitian dari para peneliti terhadap masalah yang akan  diteliti.

Published
2022-01-29
How to Cite
Hasanah, M. N., Rahmadila, A. S., Khoiriyah, M., & Siraj, T. (2022). Kedudukan dan Peranan Guru Serta Peserta Didik dalam Pandangan Islam. Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 16 - 23. https://doi.org/10.51494/ta’lim.v1i1.540