PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENANAMAN NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA ANAK KELUARGA KONVERSI AGAMA DI KUPANG

  • Muhammad Tamrin Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Syarif Idris Pua S Universitas Muhammadiyah Kupang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keislaman Pada Anak Keluarga Konversi Agama di Kota Kupang; 2) Pelaksanaan pembimbingan dan pendampingan pada anak keluarga konversi Agama.

Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah jenis penelitan lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah  teknik analisis data interaktif model Milles dan Huberman.

Dari hasil penelitian kasus Konversi Agama di Kota Kupang banyak didominasi oleh perkawinan, Sementara Pemahaman keagamaan dan Keislaman yang dimiliki baik dari pihak istri ataupun suami sangat minim. Rendahnya pemahaman keislaman orang tua menyebabkan banyak diantara anak-anak keluarga konversi agama mengalami degradasi moral bahkan murtad kembali  mengikuti agama asal salah satu orang tua mereka. Dalam hal ini guru pendidikan agama islam berperan dalam pendampingan dan bimbingan untuk mempertahankan akidah dan nilai-nila keislaman.

Published
2022-01-31