STRATEGI PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENDEKATAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KUPANG

  • Ardi Ansa Umar Barbalia Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Muhammad Tamrin Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Pendidikan Agama Islam, motivasi, dan pendekatan langsung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi peningkatan motivasi Pendidikan Agama Islam melalui pendekatan langsung pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kupang dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendekatan langsung terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kupang.

Jenis  penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang berulang. Melalui pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas, guru dapat mengadaptasi teori yang ada, untuk kepentingan proses dan hasil pembelajaran yang lebih efektif, optimal, dan fungsional. Melalui Penelitian Tindakan Kelas seorang guru juga memperoleh pemahaman tentang apa yang harus dilakukan, merefleksi diri untuk memahami dan menghayati nilai pendidikan dan pembelajarannya sendiri, dapat bekerja secara konstekstual.

Hasil penelitian yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwasanya strategi peningkatan model pendekatan langsung dapat memotivasi serta meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik Kelas XI SMA Negeri 2 Kupang. Model pendekatan langsung dalam pembelajaran juga berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Kupang mengalami peningkatan di siklus II yakni  sebesar  92 %. Hal ini menggambarkan bahwa dalam proses pembelajaran dengan model pendekatan langsung yang dilakukan dapat memotivasi peserta didik dalam proses belajar mengajar.

Published
2022-08-29