ANALISIS PERILAKU SOCIAL DISTANCING TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DALAM AKTIFITAS PEMBELAJARAN PADA TPQ AL-MUJAHIDIN PENFUI

  • Satria Ashari Sadokaki Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Muhajir Musa Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Social distancing, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Analisis Perilaku Social Distancing Terhadap Pendidikan Karakter Sisiwa Dalam Aktifitas Pembelajaran Pada TPQ Al-Mujahidin Penfui. Tujuan penelitian ini Untuk menganalisis perilaku social distancing terhadap pendidikan karakter siswa dalam aktifitas pembelajaran pada TPQ Al-Mujahidin penfui. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis ialah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang penulis gunakan ialah menetapkan fokus penelitian, menentukan setting, subjek penelitian, pengumpulan data, pengolahan, penyajian data, dan analisis data.  

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Social distancing adalah pembatasan sosial yang memunculkan kebiasaan baru yang harus dilaksanakan selama belajar di TPQ Al-Mujahidin penfui. Dalam pelaksanaan dari sebuah rencana membentuk pendidikan karakter siswa dengan menggunakan cara menulis, membaca, dan ceramah sehinggah karakternya menjadi lebih baik. Menanamkan  nilai-nilai karakter di TPQ Al-Mujahidin penfui merupakan sebuah upaya mengajarkan nilai-nilai agama islam yang diharapkan akan menjadi pedoman dalam bertingkah laku. Eveluasi pendidikan karakter dilaksanakan dalam TPQ Al-Mujahidin penfui dengan melakukan pengamatan terhadap tingkah laku siswa.

Published
2022-08-29