ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS PADA TINGKAT DASAR KELAS V DI MADRASAH IBTIDAYAH NEGERI 1 MANGGARAI

  • Tuti Alawiah Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Marwan Gojali Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Analisis, implementasi, Kurikulum 2013.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan faktor faktor dan penghembat pembelajaran kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas V di MIN 1 Manggarai. Serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya.

Metode yang di gunakan penelitian ini adalah kualitatif, melalui pendekatan deskripsi yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Kuirkulum 2013 pada Mata Pelajaran Al-Qur’an hadis di Madrasah Ibtidayah Negeri 1 Manggarai secara umumnya sudah berjalan dengan baik pada tahun 2013 melalui tahapan perencanaan maupun pelaksanaannya dan pada tahun 2014-2015 kurikulum 2013 masih berjalan dengan baik sampai sekarang. Hanua seja sekolah MIN 1 Manggarai sekarang tinggal menunggu kurukulum merdeka. Dalam kurikulum 2013  dengan mengacu pada RPP kurikulum 2013 dan tahap perencanaan yang sesuai. Proses yang dilakukan dengan menggunakan pendekan yaitu, mengamati, menanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan.

Faktor pendukung dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-Qur’an hadis di MIN 1 Manggarai adanya dukungan dari siswa untuk belajar itu sendiri dan sekolah sudah menfasilitaskan buku pedoman guru dan buku bacaan bagi siswa.

Metode penghambanya, Kurangnya dorongan orang untuk anak belajar dan membaca al-qur’an sehingga di kelas V banyak yang masih Iqro.

Published
2022-08-29