IMPLEMENTASI SUPERVISI` KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PLUS ATTIN KUPANG

  • Nur Raoda Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Anton Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Implementasi, supervisi, dan kinerja

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pendekatan implementasi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAI di SMP Plus Attin Namosain, dan mengetahui faktor penghambat yang dihadapi dalam meningkatkan implementasi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAI di SMP Plus Attin Namosain.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu merupakan sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumnentasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan supervisi yang diterapkan oleh kepala sekolah di SMP Plus Attin Namosain rutin dilakukan dua kali dalam satu tahun atau satu kali dalam satu semester, dalam meksanakan supervisi kepala sekolah menggunakan model supervisi klinis, model supervisi artiatik, dan model supervisi ilmiah. Dalam melaksanakan supervisi kendala yang ditemui lebih kepada tidak ada persiapan yang dilakukan oleh guru yang akan disupervisi dan kurangnya sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah untuk menunjang jalannya proses pembelajaran di dalam kelas. Tujuan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah yaitu peningkatan kinerja guru PAI baik dalam aspek, penguasaan materi, pengembagan materi secara kreatif, dan pemanfaatan teknologi dan informasi dengan baik.

Published
2022-08-29