Meningkatkan Profesionalisme Guru Dengan Model, Pendekatan dan Teknik Supervisi Pendidikan di Era Society 5.0

  • Ikhwanul Muslimin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
Keywords: supervisi pendidikan, peningkatan profesionalisme guru, supervisi society 5.0

Abstract

Studi ini menelaah tentang model, pendekatan dan teknik implementasi supervisi pendidikan di Sekolah. Supervisi merupakan bagian yang integral dari upaya peningkatan prestasi belajar dan kualitas guru. Pengawasan atau supervisi adalah upaya memberikan layanan kepada pendidikan khususnya guru. Supervisi pendidikan juga merupakan proses kegiatan controling dan evaluasi guna memastikan seluruh kegiatan pendidikan dilaksanakan sesuai rencana, sekaligus sebagai kegiatan untuk meningkatkan dan memperbaiki jika terjadi penyimpangan yang akan mengganggu proses pencapaian tujuan. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Hasil temuan mengungkapkan beberapa model dalam supervisi pendidikan, yaitu 1) model konvensional (tradisional), 2) model ilmiah, 3) model klinis, dan 4) model artistik. Pendekatan yang dapat diterapkan pengawas dalam melakukan supervisi yaitu dengan 1) pendekatan direktif, 2) pendekatan non-direktif, 3) pendekatan kolaboratif. Sedangkan teknik yang dapat digunakan ada dua, yaitu teknik individual dan teknik kelompok. Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi supervisi pendidikan, pengawas dapat memanfaatkan e-supervision dengan menggunakan EMIS, CCTV, fingerprint, dan platform digital (Skype, WhatsApp group, Zoom, etc, Google Form).

Published
2023-02-28
How to Cite
Muslimin, I. (2023). Meningkatkan Profesionalisme Guru Dengan Model, Pendekatan dan Teknik Supervisi Pendidikan di Era Society 5.0. Ta Lim Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 33 - 49. https://doi.org/10.59098/talim.v2i1.877