Implementasi Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran PAI dI SMA Negeri 5 Kota Kupang

  • Yuni Kartika Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Muhammad Tamrin Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Muhajir Musa Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: PAI, pemahaman, dan metode CIRC

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) di SMA Negeri 5 Kota Kupang dan untuk mengetahui apakah metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 5 Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi yang berulang. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Penerapan cooperative integrated reading and composition diketahui bahwa penerapan cooperative integrated reading and composition dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari kenaikan hasil belajar dari siklus ke siklus berikutnya. Sebelumnya diterapkannya metode cooperative integrated reading and composition di siklus I dilakukan uji coba kepada 26 siswa dan hanya 57% siswa yang tuntas, berarti ada 42% siswa yang belum tuntas. Pada siklus II dilakukan tindakan yang sama, yaitu dengan menerapkan cooperative integrated reading and composition, maka siswa yang tuntas sebanyak 96% dan siswa yang belum tuntas sebesar 3%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran cooperative integrated reading and composition dapat meningkatkan pemahaman siswa.

Published
2023-02-28
How to Cite
Kartika, Y., Tamrin, M., & Musa, M. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran PAI dI SMA Negeri 5 Kota Kupang. Ta Lim Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 60 - 69. https://doi.org/10.59098/talim.v2i1.893