https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/issue/feed Ta lim Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 2025-11-10T07:59:45+00:00 Muhajir Musa paiumk97@gmail.com Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>Ta'lim:</strong> Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam (<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220202330982944" target="_blank" rel="noopener"><strong>E-ISSN: 2827-9883</strong></a>) merupakan jurnal ilmiah yang terakreditasi <a href="https://drive.google.com/file/d/1Fzu0nyj9Dq3SR024bqoEa-NJKpOVx9Rp/view" target="_blank" rel="noopener">Sinta 5</a> yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Kupang, sebagai media publikasi karya ilmiah (hasil penelitian) para Dosen, Guru, Pemerhati/Praktisi bidang Pendidikan Agama Islam Maupun Menajemen Pendidikan Islam.&nbsp; <strong>Ta'lim:</strong><strong>&nbsp;&nbsp;</strong>Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam <strong>terbit dua kali dalam setahun, yakni Bulan Februari dan Bulan Agustus.</strong></p> https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/2403 INOVASI PEMBELAJARAN TOLERANSI BERAGAMA MELALUI MEDIA INTERAKTIF TWISTER EDU PAI 2025-11-10T07:59:43+00:00 Fitrotul Mukaromah 22104010076@student.uin-suka.ac.id Tanto Hartomo 22104010082@student.uin-suka.ac.id Diqa Nauval Aqsath 22104010105@student.uin-suka.ac.id Himawan Putranta himawan.putranta@uin-suka.ac.id <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengevaluasi kelayakan media pembelajaran interaktif bernama Twister Edu PAI, yang ditujukan untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&amp;D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Karena dianggap relevan untuk proses pengembangan media pembelajaran yang sistematis dan terstruktur. Data diperoleh melalui uji kelayakan yang dilakukan oleh validator (mahasiswa) dengan menggunakan instrumen angket, kemudian dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Twister Edu PAI dinila sangat layak sebagai sarana pembelajaran yang interaktif, inovatif, serta menyenangkan, dan terbukti mampu meningkatkan partisipasi serta pemahaman siswa terhadap materi tentang kerukunan antarumat beragama. Proses validasi oleh validator (mahasiswa) menunjukkan bahwa media ini telah memenuhi semua aspek kelayakan dari segi tampilan, bahan media, pembelajaran, dan materi.</em></p> 2025-09-10T04:02:52+00:00 Copyright (c) 2025 Fitrotul Mukaromah, Tanto Hartomo, Diqa Nauval Aqsath, Himawan Putranta https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/2781 STRATEGI KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PENGADAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN UNTUK MENGOPTIMALKAN MUTU PEMBELAJARAN SEKOLAH 2025-11-10T07:59:44+00:00 M. Ubaidillah Ridwanulloh ubaidhasankuu212@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh kebijakan dalam pengadaan sarana dan prasarana pendidikan untuk menunjang mutu pembelajaran. Terutama di jenjang SMK yang pembelajarannya berpusat pada keahlian siswa. Sehingga sarana dan prasarana di jenjang ini harus terpenuhi sesuai kebutuhan dan standar nasional. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, waka sarana dan prasarana, waka kurikulum, guru dan siswa. Hasil penelitian menemukan kebijakan kepala sekolah yang responsif dalam pengadaan sarana dan prasarana pendidikan berpengaruh pada peningkatan mutu pembelajaran siswa SMKN 1 Plosoklaten. Kelengkapan alat dan sarana prasarana pendidikan yang dibutuhkan sekolah segera disediakan untuk menambah semangat dan motivasi dan memudahkan siswa dalam belajar tanpa menunggu regulasi tahunan. Kesimpulannya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran meningkat dan efektif dengan adanya kebijakan yang responsif dalam pengadaan sarana dan prasarana pendidikan, terutama dalam pembelajaran keterampilan.</p> 2025-09-10T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025