https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/issue/feedTa lim Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam2025-05-26T03:58:23+00:00Muhajir Musapaiumk97@gmail.comOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;"><strong>Ta'lim:</strong> Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam (<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220202330982944" target="_blank" rel="noopener"><strong>E-ISSN: 2827-9883</strong></a>) merupakan jurnal ilmiah yang terakreditasi <a href="https://drive.google.com/file/d/1Fzu0nyj9Dq3SR024bqoEa-NJKpOVx9Rp/view" target="_blank" rel="noopener">Sinta 5</a> yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Kupang, sebagai media publikasi karya ilmiah (hasil penelitian) para Dosen, Guru, Pemerhati/Praktisi bidang Pendidikan Agama Islam Maupun Menajemen Pendidikan Islam. <strong>Ta'lim:</strong><strong> </strong>Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam <strong>terbit dua kali dalam setahun, yakni Bulan Februari dan Bulan Agustus.</strong></p>https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/1931PERAN BIMBINGAN KONSELING BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGI SISWA DI SMAN 5 TANGERANG2025-05-26T03:58:08+00:00Syifa Kurotul A'inisyifakurotulaini@gmail.comMaemunahmaemunah@uca.ac.idDede Rosmanahdederosmanah037@gmail.comDevita Hermayanimayaoppoa54128@gmail.comRini Nurmayantirininurmayanti71@gmail.comRiska Agustinariskaagtna@gmail.comZahra Rizkya Fillahzahrarizkyafillah@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana penerapan bimbingan konseling yang berlandaskan nilai-nilai Islam dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan mental siswa di SMAN 5 Tangerang. Dalam masa remaja, siswa sering menghadapi berbagai tantangan emosional dan sosial yang dapat berdampak pada kondisi psikologis mereka. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis wawancara mendalam yang melibatkan siswa, guru bimbingan konseling, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program bimbingan konseling berbasis nilai-nilai Islam mampu secara signifikan membantu siswa mengembangkan keterampilan emosional, sosial, serta kemampuan mengatasi masalah (coping skills). Program ini memberikan siswa pemahaman untuk mengelola emosi, menghadapi tantangan, dan menjalin interaksi sosial yang sehat. Dukungan dari orang tua dan guru bimbingan konseling memainkan peran yang sangat penting dalam proses ini. Orang tua membantu siswa dalam menangani masalah emosional melalui komunikasi yang efektif, sementara guru bimbingan konseling memberikan arahan serta dukungan yang diperlukan. Secara keseluruhan, bimbingan konseling berbasis nilai-nilai Islam terbukti efektif dalam meningkatkan kesehatan mental siswa dengan memfasilitasi mereka dalam mengelola stres, menyelesaikan masalah, serta membangun hubungan sosial yang positif. Sinergi antara siswa, orang tua, dan guru bimbingan konseling sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan kesejahteraan psikologis siswa secara holistik.</p>2025-05-26T00:57:34+00:00Copyright (c) 2025 Syifa Kurotul A'ini, Maemunah, Dede Rosmanah, Devita Hermayani, Rini Nurmayanti, Riska Agustina, Zahra Rizkya Fillahhttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/722ANALISIS PERAN PONDOK PESANTREN SEBAGAI SUMBER OTORITATIF DERADIKALISASI AGAMA (STUDI PADA PONDOK PESANTREN DI NUSA TENGGARA TIMUR)2025-05-26T03:58:13+00:00Muhammad Tamrinkhasa_tamrin@yahoo.comMarwan Gozalimarwangozali@gmail.comSyarif Idris PSuwaisbinsyarif@gmail.com<p>Dewasa ini fenomena radikalisme acapkali dihubungkan dengan golongan Islam, terlebih kepada kalangan pondok pesantren. Beberapa kalangan masyarakat memandang radikalisme banyak muncul dari Pondok Pesantren. Persepsi ini biasanya didasari dari berita dan informasi tentang pelaku radikalisme yang merupakan alumni pesantren. Sebagai lembaga pendidikan yang mengajarkan tentang Islam Rahmatan Lil Alamin, Sebenarnya Pesantren bisa menangkal isu-isu tersebut dengan cara memainkan peran sebagai sumber autoritatif Deradikalisasi agama, untuk menggambarkan kesejukan dan keterbukaan (eksklusive) bagi seluruh kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pondok Pesantren yang ada di NTT sebagai sumber otoritatif Deradikalisasi. Penelitian ini dilaksanakan di 5 (Lima) Pondok Pesantren di Nusa Tenggara Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif lebih menekankan pada proses yang diambil dari fenomena-fenomena di balik realita yang ada, kemudian ditarik kesimpulannya dengan serangkaian kata atau kalimat. Hasil penelitian mengambarkan bahwa semua pesantren yang di teliti memiliki peran sebagai sumber otoritatif dengan model pendekatan yang berbeda. Sebagai Kelompok Minoritas Pondok Pesantren di NTT dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.</p>2025-05-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Muhammad Tamrin, Marwan Gozali, Syarif Idris PShttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/1837CHATGPT DAN PENELITIAN AKADEMIK: TINJAUAN DAN REKOMENDASI BERDASARKAN CONTOH PRAKTIS2025-05-26T03:58:16+00:00Ikhwanul Musliminikhwanulm3@gmail.com<p>Dalam dunia akademis, para akademisi, peneliti, dan mahasiswa telah menggunakan <em>Large Language Models</em> (LLM) seperti ChatGPT untuk menyelesaikan berbagai tugas akademis dan non-akademis mereka, termasuk menulis esai, menulis pidato formal dan informal, meringkas literatur, dan menghasilkan ide. Namun, penggunaan ChatGPT dalam penelitian akademis masih menjadi isu yang kontroversial. Baru-baru ini, dampaknya terhadap penelitian dan publikasi akademis telah diteliti. Tujuan mendasar dari penelitian ini adalah untuk menyoroti penerapan ChatGPT dalam penelitian akademis dengan menunjukkan contoh praktis dengan beberapa rekomendasi. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan artikel yang dipublikasikan, situs web, blog, dan artefak visual dan numerik. Kami telah menganalisis, mensintesis, dan mendeskripsikan data yang kami kumpulkan dengan menggunakan “tinjauan literatur pengantar”. Temuan ini mengungkapkan bahwa untuk menghasilkan ide awal untuk penelitian ilmiah akademis, ChatGPT dapat menjadi alat yang efektif. Namun, dalam hal sintesis literatur, kutipan, pernyataan masalah, kesenjangan penelitian, dan analisis data, para peneliti mungkin menghadapi beberapa tantangan. Oleh karena itu, dalam kasus-kasus ini, para peneliti harus berhati-hati dalam menggunakan ChatGPT dalam penelitian akademis. Mempertimbangkan potensi aplikasi dan konsekuensi dari ChatGPT, adalah suatu keharusan bagi komunitas akademik dan ilmiah untuk membuat pedoman yang diperlukan untuk penggunaan LLM yang tepat, terutama ChatGPT, dalam penelitian dan penerbitan.</p>2025-05-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Ikhwanul Musliminhttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/1884MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI DI ERA DIGITAL: TANTANGAN DAN SOLUSI2025-05-26T03:58:17+00:00Hayail Umrohhayailelumroh@gmail.comHabiburrahimhabiburrahim@ar-raniry.ac.idBuhori Muslimbuhori.muslim@ar-raniry.ac.id<p>Character building in the digital era has brought significant transformations in human life, including in the field of education. Technological advancements, such as the internet, social media, and other digital devices, have provided unlimited access to information. This article aims to explore how Islamic religious education can play a role in building Islamic character in the midst of the digital era and what challenges arise within it. This research uses a descriptive qualitative method with a literature study approach. The research results show that the formation of Islamic digital learning provides a significant opportunity to shape a generation that is not only intellectually smart but also possesses spiritual depth and moral integrity. By touching on various aspects of students' personalities, this design is capable of providing a holistic approach in building a strong Islamic character.</p>2025-05-26T01:03:25+00:00Copyright (c) 2025 Hayail Umroh, Habiburrahim, Buhori Muslimhttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/2226INOVASI PEMBELAJARAN PAI MELALUI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)2025-05-26T03:58:19+00:00Lailiya Rachmawati Syarifrachmalailiya@gmail.com<p><em>This study explores the innovation of Islamic Religious Education (PAI) through the integration of Artificial Intelligence (AI) in the digital era. The rapid development of technology offers new opportunities to improve the effectiveness and engagement of PAI learning. Using a library research approach, the study analyzes various AI-based educational innovations, such as adaptive learning systems, interactive content, and AI-assisted teaching methods like chatbots and personalized learning recommendations. The results indicate that AI can significantly enhance student motivation, understanding, and efficiency in learning. However, challenges such as teacher readiness and ethical data concerns remain major obstacles. Therefore, continuous training and clear data policies are crucial for effective AI implementation in PAI.</em></p>2025-02-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Lailiya Rachmawati Syarifhttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/1212PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LINGKUNGAN KELUARGA PETANI DESA MBULIWARALAU UTARA2025-05-26T03:58:20+00:00Nining Dahlia Mahlil Mahmudaniningdahlia550@gmail.comIlfiana Iffah Jihadaiffahjihada02@gmail.comYahya Nikmad Nobisayahyanobisa786@gmail.com<p> </p> <p><sub>Abstrak </sub></p> <p><sub>Penelitian ini membahas tentang pola Pendidikan Agama Islam di lingkungan keluarga petani di Desa Mbuliwaralau Utara, kesibukan keluarga petani mengakibatkan kurangnya waktu untuk memberikan pendidikan terhadap anak khususnya Pendidikan Agama Islam. </sub></p> <p><sub>Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian yakni dari Keluarga Petani dan Guru Ngaji. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. </sub></p> <p><sub> Hasil penelitian ini menunjukkan keluarga petani di Desa Mbuliwaralau Utara dalam mendidik anaknya tentang agama Islam metode nasihat. Pola pendidikan yang mereka gunakan yaitu pola pendidikan otoriter dan otoritatif. Dampak dari pola otoritatif memberikan dampak positif sedangkan pola otoriter memberikan dampak negatif dan dampak positif. </sub></p> <p><sub> </sub></p> <p> </p>2025-05-26T02:34:49+00:00Copyright (c) 2025 Nining Dahlia Mahlil Mahmudahttps://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/761IMPLEMENTASI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP PLUS ATTIN KUPANG2025-05-26T03:58:20+00:00Antonantonbima67@gmail.comMuhajir Musahajier89@gmail.comFazlur Rahmanajjurahman0@gmail.comNur Raudahnurraoda5@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pendekatan implementasi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAI di SMP Plus Attin Namosain, dan mengetahui faktor penghambat yang dihadapi dalam meningkatkan implementasi supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAI di SMP Plus Attin Namosain.</p> <p>Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yaitu merupakan sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumnentasi.</p> <p>Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan supervisi yang diterapkan oleh kepala sekolah di SMP Plus Attin Namosain rutin dilakukan dua kali dalam satu tahun atau satu kali dalam satu semester, dalam meksanakan supervisi kepala sekolah menggunakan model supervisi klinis, model supervisi artiatik, dan model supervisi ilmiah. Dalam melaksanakan supervisi kendala yang ditemui lebih kepada tidak ada persiapan yang dilakukan oleh guru yang akan disupervisi dan kurangnya sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah untuk menunjang jalannya proses pembelajaran di dalam kelas. Tujuan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah yaitu peningkatan kinerja guru PAI baik dalam aspek, penguasaan materi, pengembagan materi secara kreatif, dan pemanfaatan teknologi dan informasi dengan baik</p> <p><strong> </strong></p>2025-05-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Anton, Muhajir Musa, Fazlur Rahman, Nur Raudah