Ta lim Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim <p style="text-align: justify;"><strong>Ta'lim:</strong> Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam (<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20220202330982944" target="_blank" rel="noopener"><strong>E-ISSN: 2827-9883</strong></a>) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Kupang, sebagai media publikasi karya ilmiah (hasil penelitian) para Dosen, Guru, Pemerhati/Praktisi bidang Pendidikan Agama Islam Maupun Menajemen Pendidikan Islam.&nbsp; <strong>Ta'lim:</strong><strong>&nbsp;&nbsp;</strong>Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam <strong>terbit dua kali dalam setahun, yakni Bulan Februari dan Bulan Agustus.</strong></p> en-US paiumk97@gmail.com (Muhajir Musa) lp3mukupang@gmail.com (Muhammad Tamrin) Mon, 26 Aug 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Strategi Pembentukan Karakter Santri Melalui Pembiasaan Perilaku Terpuji Pada Era Modern 5.0 (Studi di PP As-Sa’idah Babusalam) https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/1828 <p>Akhlak memiliki peran yang penting dalam membentuk karakter seseorang. Ketika nilai nilai akhlak sudah tertanam dalam jiwa seseorang, maka akan berdampak besar bagi dirinya sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitar. Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk mengeksplorasi dan memahami proses pembentukan akhlak dan karakter santri di Pondok Pesantren As-Saidah Babusalam. Dalam artikel ini, dibahas model pembiasaan di dalam Pondok Pesantren As-Saidah Babusalam dalam membentuk karakter santri. Peneliti memfokuskan bahasan pembentukan karakter terpuji santri melalui perilaku Khusnudzon, Raja’ dan Taubat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasilnya Proses pembentukan akhlak dan karakter santri di Pondok Pesantren As-Saidah Babusalam melalui penerapan perilaku perilaku raja’, khusnuzon dan taubat. Secara keseluruhan, penerapan perilaku "raja'", khusnuzon, dan taubat di kalangan santri memerlukan pendekatan yang terfokus dan berkelanjutan. Penentuan adanya santri teladan dilihat dari berbagai aspek yang ada pada diri santri, diantaranya nilai akademik madrasaha diniyah, penilaian akhlakul karimahnya, dan cara santri tersebut beradaptasi dengan sesama santri dan pengurus, serta dilihat dari hubungan santri dengan orang tuanya. Selain itu, perubahan dalam perilaku santri yang terkait dengan pembatasan penggunaan gadget juga menjadi perhatian, terutama dalam hal penampilan dan interaksi social</p> Hanum Mir'atul Maslahah, Lilik Iski Kaminah, Muhammad Imamul Muttaqin Copyright (c) 2024 Hanum Mir'atul Maslahah, Lilik Iski Kaminah, Muhammad Imamul Muttaqin https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/1828 Mon, 26 Aug 2024 00:00:00 +0000 Peserta Didik dalam Perspektif Islam dan Barat: Sebuah Tinjauan Filosofis https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/1819 <p>Education has an important role in shaping the character and potential of learners, which is influenced by the philosophical views underlying each education system. In the Islamic perspective, learners are seen as beings with a pure fitrah and the potential to develop holistically, including spiritual, intellectual, and physical aspects. In contrast, in Western educational philosophy, especially since the Enlightenment era, learners are defined as autonomous and rational individuals, with an emphasis on freedom of thought and critical exploration. This research aims to conduct a philosophical analysis of the concept of learners in Islamic and Western perspectives, and explore the implications of these philosophical differences for the goals and methods of education. This research uses a qualitative approach with a literature study method, which involves a review of primary and secondary sources related to Islamic and Western educational views. The results show that despite fundamental differences in the orientation of education, both perspectives have the same goal, which is the optimal development of human potential. The conclusion of this study is that the synergy between the two approaches can offer a more holistic approach to education that is relevant to the challenges of the contemporary world.</p> Wawan Hariyanto, Muhammad Azryan Syafiq Copyright (c) 2024 Wawan Hariyanto, Muhammad Azryan Syafiq https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/1819 Wed, 25 Dec 2024 00:00:00 +0000 Manajemen Risiko Dalam mengoptimalkan kesetaraan gender di SMk Muhammadiyah 3 Bandung https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/1389 <p>Gender equality in the educational environment is the main focus in efforts to create a just and sustainable society. This journal discusses the role of risk management in optimizing gender equality in schools. The risk management approach not only addresses potential risks that may arise in the implementation of gender equality policies, but also highlights opportunities that can be found through appropriate management measures. By integrating risk management into gender equality efforts in schools, this article contributes to a better understanding of how to overcome barriers and seize opportunities to create an inclusive and equitable educational environment for all students, regardless of gender.</p> <p>&nbsp;</p> Rishna Shoimah, Wahyu Hidayat Copyright (c) 2024 Rishna Shoimah, Wahyu Hidayat https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/1389 Fri, 27 Dec 2024 00:00:00 +0000 Persepsi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam terhadap Praktik Pengalaman Lapangan Berbasis Lesson Study https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/1844 <p>This research aims to describe the perceptions of Islamic Religious Education students regarding the implementation of Lesson Study-based Field Experience Practices. This research uses a qualitative approach with a case study method. The research subjects were students of Islamic Religious Education at the State Islamic University of K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan who is currently or has taken the Field Experience Practice course. Data was obtained through interviews, observation and documentation. Data analysis was carried out by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research show that Islamic Religious Education students have a positive perception of Lesson Study-based Field Experience Practices. Islamic Religious Education students experience the benefits of lesson study, such as increasing pedagogical, professional, personal and social competencies. However, students also face several obstacles, such as limited time and difficulties in designing collaborative learning.&nbsp;</p> Evva Aini, Desy Fitriyani, M. Adin Setyawan Copyright (c) 2024 Evva Aini, Desy Fitriyani, M. Adin Setyawan https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/1844 Wed, 25 Dec 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Iman Pada Qada dan Qadar Terhadap Insecurity Peserta Didik Muslim Muslim SMA Negeri 2 Kupang https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/1672 <p>I-NAMHS menemukan bahwa masalah kesehatan mental banyak dialami oleh remaja, di mana satu dari tiga remaja (34.9%) memiliki masalah kesehatan mental dalam kurun waktu 12 bulan. Iman pada qada dan qadar seharusnya dapat menjawab permasalahan insecure yang saat ini marak terjadi karena dengan beriman, seseorang memiliki tameng kuat dalam dirinya untuk mengatasi dan menghadapi permasalahan yang dialami.&nbsp;Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat pengaruh antara iman pada qada dan qadar terhadap insecurity peserta didik muslim SMA Negeri 2 Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, dengan teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, regresi linear sederhana, dan uji t dalam uji hipotesis untuk menguji kebenaran atau kepalsuan hipotesis nol.&nbsp;Hasil analisis menunjukkan bahwa hipotesis alternatif diterima, hal ini berarti iman pada qada dan qadar memiliki pengaruh terhadap insecurity peserta didik muslim di SMA Negeri 2 Kupang. Pengaruh Iman pada Qada dan Qadar terhadap Insecurity sebesar 11,1%. Jika Iman pada Qada dan Qadar mengalami kenaikan dalam satu satuan, maka Insecurity Peserta Didik Muslim akan mengalami penurunan sebesar 0,368 atau sekitar 36,8%.</p> Urmilla Savitri, Muhammad Tamrin, Muhajir Musa Copyright (c) 2024 Urmilla Savitri, Muhammad Tamrin, Muhajir Musa https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/1672 Wed, 25 Dec 2024 00:00:00 +0000 Penerapan Model Pembelajaran Audio Tutorial dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Maurole https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/1673 <p>Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di SMP Negeri 1 Maurole dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI), khususnya materi tentang malaikat dan tugasnya. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Audio Tutorial yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing- masing terdiri dari empat pertemuan. Dengan menggunakan metode penelitian mixed method. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Audio Tutorial dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil presentasi aktivitas belajar siswa yaitu 60,03% kategori cukup aktif dengan ketuntasan belajar mencapai 57,89% tidak tuntas. Pada siklus II, ketuntasan belajar mencapai 94,73%, dengan 18 siswa mencapai nilai di atas KKM (75) dan hanya 1 siswa yang belum tuntas (3,57%). Peningkatan hasil belajar ini disebabkan oleh peningkatan kinerja guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Model pembelajaran Audio Tutorial memiliki beberapa keunggulan, antara lain meningkatkan kemandirian, partisipasi, kecepatan berpikir, serta daya tangkap dan pendengaran siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran Audio Tutorial efektif dalam meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Maurole</p> Khairun Nufus, Ilfiana Iffah Jihada, Fazlur Rahman RM Copyright (c) 2024 Khairun Nufus, Ilfiana Iffah Jihada, Fazlur Rahman RM https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/talim/article/view/1673 Wed, 25 Dec 2024 00:00:00 +0000