Pelatihan Metode Pengajaran Bahasa Dan Sastra Bagi Guru SMK Muhammadiyah Kupang

  • Abdul Hamid Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Siti Rodliyah Universitas Muhammadiyah Kupang
  • siti Hajar Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Ahmad Ahmad Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Yasinta Falma Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Helena Beatrix Sahul Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Yasinta M Yasin Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Pelatihan, Metode Pembelajaran, Bahasa dan Sastra

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode ceramah, diskusi dan pelatihan tentang penerapan metode pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia kepada guru-guru SMK Muhammadiyah Kupang. Masalah awal yang dihadapi sebelum melakukan kegiatan pelatihan ini adalah 1) kurangnya keterampilan mengajar bagi guru, 2) guru belum dapat mengemas metode belajar dengan baik, dan 3) guru-guru belum pernah mengikuti pelatihan metode ajar. Adanya masalah ini menjadi acuan dalam melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Sekolah merupakan wadah dalam menuntut ilmu pengetahuan, namun jika sekolah itu tidak mampu membuat anak-anak tertarik dan kegiatan pembelajaran, maka perlu dievaluasi kekuranagn dalam proses belajar. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini berlangsung dengan sangat lancar dan kondusif.

References

Santoso, B. (2019). Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azhar, Arsyad. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Iskandarwassid & Sunendar, D. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Rosdakarya: Bandung
Suyanto, E. (2017). Sastra Indonesia dan Pembelajarannya di Sekolah Menengah. Jakarta: Depdikbud.
Published
2022-07-29