Pelatihan Pembuatan Batik Tulis Malangan Di Dewan Kesenian Kota Malang

  • Ratna Fajarwati Meditama Unira Malang
  • Zainal Abidin Universitas Islam Raden Rahmat Malang
Keywords: Kata Kunci: batik tulis malangan, pelatihan, motif batik malangan

Abstract

Abstrak

Kerajinan kain batik malangan merupakan satu-satunya pioner untuk pengembangan industri konveksi di Kota Malang yang mendapat minat besar bagi warga Kota Malang, terlebih lagi penggunaan kain batik malangan disaat ini telah meluas di seluruh kalangan masyarakat. Akan tapi motif batik malangan sendiri kurang begitu terkenal sebab relatif masih baru bila dibanding dengan batik Solo serta Jogja. Motif batik malangan yang dibuat dengan dasar potensi wilayah serta sejarah memiliki tujuan agar lebih bervariasi untuk explorasi motif batik malangan masih membutuhkan dorongan dari banyak pihak karena aksestabilitas untuk pelatihan keterampilan batik tulis malangan kepada masyarakat Kota Malang yang masih minim dan kurang mendapat pengetahuan tentang motif malangan bagi para pengrajin batik malangan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan proses pembuatan batik tulis khas malangan dengan motif malangan yang memiliki makna sebuah pengharapan adanya nilai-nilai keluhuran dari pemakainya agar mempunyai sifat keberanian, kejujuran, tanggung jawab, serta rasa hormat yang menyatu dengan lingkungan sekitar tempat tinggal. Kegiatan ini dilaksanakan di Dewan Kesenian Malang (DKM) dan dihadiri oleh masyarakat malang. Luaran dari pelatihan ini adalah produk berupa batik tulis malangan yang dibuat oleh peserta pelatihan dan pengetahuan tentang keanekaragaman motif malangan yang digali dari sejarah dan filosofi Kota Malang sebagai ciri khas dari batik malangan.

 

References

Dwipasari & Subiyanto (2017) Jurnal ABDIMAS Unmer Malang 2(2). Upaya Pendampingan Pengembangan KUB (Kelompok Usaha Bersama) Batik Malangan di Kota Malang.
Hermawati, Isma, Mas (2017) Jibeka 11(1). Upaya Strategi Bersaing: Batik Malangan Konvensional Melalui Program Diversifikasi Produk Batik Kombinasi Pada UKM Kelurahan Merjosari Malang. Universitas Widyagama Malang
Lubis, A.U. (2008) Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq) di Indonesia Edisi ke-2. Pusat Penelitian Kelapa Sawit. Medan.
Published
2021-02-02