Pelatihan Bahasa Inggris (Komunikasi Jual Beli) Kepada Ibu-Ibu Pedagang Di Pantai Tedis Kota Kupang

  • Ramadhan Jamhar Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Heni Purniawati Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Ahmad Ahmad Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Ryan Nizar Zulfikar Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Andi Irfan Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: pelatihan, bahasa, pedagang

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya pedagang pantai tedis Kota Kupang yaitu dapat berkomunikasi jual beli dengan baik dan benar dalam bahasa Ingris. Kegiatan Melalui metode ceramah, demontrasi dan praktek. Tiap pedagang akan dibimbing face to face oleh mahasiswa dan dosen. setelah itu, tiap pedagang akan mempraktek langsung percakapan dalam bahasa Inggris dengan mahasiswa. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran peserta tentang pentingnya komunikasi yang baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris.  Kegiatan pelatihan ini dapat berjalan dengan lancar disebabkan adanya antusiasme peserta pelatihan yaitu para pedagang pasar dan langsung dalam pengawasan mandor pasar. Peserta pelatihan sudah dapat mempraktekkan sapaan dan mampu melafalkan barang-barang dagangan mereka dalam Bahasa Inggris.

References

Heriyawati, Dwi F. 2009. English Intensive Course. Malang: Univ. Kanjuruhan. Juliana, 2017.
Otivasi Pembelajaran Dan Percakapan Bahasa Inggris Melalui Media Film Dengan Metode Dubbing Dan Subtitling. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unversitas Potensi Utama Medan.
Manurung, Paisal & Sambayu, Harry. 2017. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa/I Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fkip-UNA Dengan Literature Aprroach. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu UNA.
Published
2021-02-07