Pengembangan Bahan Literasi Berbasis Kearifan Lokal Di Madrasah Ibtidayah Negeri 1 Timor Tengah Selatan (TTS)
Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan memberikan materi literasi kepada siswa, melakukan simulasi membaca bahan literasi berbasis kearifan lokal dan melaksanakan pengembangan bahan literasi berbasis kearifan lokal di MIN 1 TTS. Kegiatan menggunakan metode ceramah, simulasi dan praktek. Tahap pendahuluan penyampaian materi tentang literasi, Desain bahan literasi diberikan kepada siswa untuk dibaca terlebih dahulu. Sejumlah 12 judul cerita pendek akan diberikan kepada siswa. Cerita-cerita tersebut sangat kental dengan budaya dan tradisi masyarakat Timor. tahap simulasi peserta membaca desain bahan literasi berbasis kerarifan lokal yang disusun dan tahap penutup peserta diminta untuk menulis kembali isi bahan literasi yang dibaca. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkanya kemampuan 25 orang siswa tentang pengertian, fungsi, dan contoh bahan literasi dan mampu tampil dengan percaya diri.
References
Neina, Q. A., Mardikantoro, H. B., & Supriyanto, T. (2015). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Cerita Anak Bermuatan Nilai Karakter Berdasarkan Content and Languange Integrated Learning (Clil) Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 50–57.https://doi.org/10.15294/seloka.v4i2.9860
Rohmah, T. R. S. (2019). Membangun Kearifan Lokal Melalui Gerakan Literasi Mibanda (Micinta Baca Tulis Aksara Sunda) Di Sdn Sukahayu Kabupaten Subang. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 59–73. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i2.3890
Saryono, D., Ibrahim, G. A. I., Muliastuti, L., Akbari, Q. S. A., Hanifah, N., Miftahussururi;, Nento, N. M., & Efgeni. (2017). Materi pendukung literasi baca-tulis. Gerakan Literasi Nasional, 1–31.
Keraf, A.S. (2010). Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: Penerbit Buku Kompas