OPTIMALISASI USAHA BATIK PEWARNA ALAM MELALUI PROSES PRODUKSI DAN PEMASARAN

  • Julia Noermawati Eka Satyarini Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Keywords: Kata Kunci: Batik, Pewarna alam, Optimalisasi, Produksi, Pemasaran

Abstract

Batik merupakan karya seni yang dekat dengan kearifan lokal dan Indonesia identik dengan karya seni tersebut. Kota Yogyakarta dikenal sebagai kota budaya dan memiliki seni batik yang khas dan penuh dengan filosofis. Batik khas Yogyakarta dekat dengan kehidupan Kerajaan yang tidak sembarang orang bisa memakainya. Seiring dengan kemajuan zaman batik menjadi karya seni yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Bahkan banyak inovasi yang dilakukan agar batik menjadi produk yang dapat diaplikasikan di media apa saja. Salah satu pengarajin batik di  kota Yogyakarta yang menjadi mitra adalah Bapak Saiful. Usaha Bapak Saiful tepatnya terletak di Jalan Tegal Panggung No 46 Danurejan Yogyakarta.Bapak Saiful mulai menekuni usaha batik pada tahun 2018. Beliau memilih kerajinan batik dengan pewarna alam yang diaplikasikan pada kain, selendang, kaos, tote bag, pouch dan masker. Masalah utama yang dihadapi mitra adalah kurang optimalnya proses produksi yaitu peralatan yang digunakan belum memadai sehingga waktu produksi tidak efisien dan hasilnya kurang sempurna. Tujuan Pengabdian ini adalah menyelesaikan masalah proses produksi yang kurang optimal dengan metode pengadaan peralatan yang dibutuhkan pada proses menggambar pola, pencantingan, dan pencelupan. Tujuan kedua adalah menyelesaikan masalah jangkauan pemasaran yang belum luas dengan metode memberikan pelatihan tentang strategi pemasaran dan pemanfaat media sosial sebagai media promosi.

 

 

References

Dharmmesta, Basuswastha dan T Hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE UGM.
Kartajaya, Hermawan dan Muhammad Syakir Sula. 2008. Syariah Marketing. Bnadung: Mizan.
Prasetya,A.Y., Sugiharti., &Fadhila, Z.R., (2021). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa Boja. Budimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol.3, No.1:102-108. jurnal.stie-aas-ac-id/index.php/JAIM/article/view/1628.
Rivai, Veithzal. 2012. Islamic Marketing: Membangun dan Mengembangkan Bisnis Dengan Praktik Marketing Rasulullah Saw. Jakarta: GramediaPustaka Utama.
Rosyada, M.,&Tamamudin.(2020).Pengembangan Ekonomi Kreatif Batik Tulis Kota Pekalonngan Sebagai Upaya Pelestarian Budaya dan Peningkatan Pendapatan Masyarakat. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 01-02:41-50. http://journal.uim.ac.id/index-php/darmabakti.
Sarana et al., (2018). Pengembangan Manajemen Produksi melalui Penerapan Teknologi Tepat Guna Bagi UKM Deca Snack. Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Vol.1, No.1: 411-417. jurnal.polinas.ac.id/index.php/sentrikom/article/view/2297.
Serfiani, CitaYustisiadkk. 2013. Buku Pintar Bisnis Online dan Transaksi Elektronik. Jakarta: GramediaPustaka Utama.
Suryanto, S.M., Chaeron, N.,& Wibawa, T.(2016). Perencanaan Alat Bantu Proses Pembuatan Batik Sarita. Jurnal Optimasi Sistem Industri, Vo.9, No.2: 119-126. jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi/article/view/2329.
Syifa, Y.I et al.(2021). Pelatihan UMKM Melalui Produk pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vo.2, No.1:6-13. jurnal.untidar.ac.id/indexphp/abdipraja/article/view/3602.
Published
2022-12-26