PELATIHAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SINKRON DAN ASINKRON PADA SISWA DAN GURU DI LEMBAGA PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH KIUFATU

  • Muhammad Tamrin Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Muhajir Musa Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: implementasi, pembelajaran sinkron dan asinkron siswa dan guru

Abstract

Setiap masa memiliki karakteristiknya sendiri dan saat ini transformasi  pengetahuan  ke-Islaman  berada pada masa dengan  karakteristik  yang luar biasa kecepatan perubahannya. Dari tradisional ke moderen dan selanjutnya ke post- moderen.   Dari   perubahan   yang   bersifat   lokal   nasional   menjadi   multinasional   dan selanjutnya ke era global. Era pandemi telah menuntut pergeseran dinamika masyarakat sekolah menuju penguasaan teknologi informasi  dan  komunikasi.  Sementara Perguruan Tinggi dihadapkan pada masalah bagaimana agar warga masyarakat mampu menghadapi tantangan lebih jauh ke depan di era 4.0.

Melalui Identifikasi permasalahan melalui kegiatan Need Assesment, yaitu dengan mendiskusikan apa yang masyarakat butuhkan dan bagaimana pemenuhannya sesuai dengan kemampuan pelaksana program. SMP Kiufatu merupakan lembaga pendidikan yang baru dirintis dan lokasinya berada pada pedalaman Kabupaten TTS. Dari penelusuran tersebut diperoleh data bahwa tingkat pemahaman terhadap teknologi sangat lemah khususnya pada pemanfaatan teknologi dan media pembelajaran yang berbasis IT.

Published
2023-01-17