PELATIHAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SINKRON DAN ASINKRON PADA SISWA DAN GURU DI LEMBAGA PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH KIUFATU
Abstract
Setiap masa memiliki karakteristiknya sendiri dan saat ini transformasi pengetahuan ke-Islaman berada pada masa dengan karakteristik yang luar biasa kecepatan perubahannya. Dari tradisional ke moderen dan selanjutnya ke post- moderen. Dari perubahan yang bersifat lokal nasional menjadi multinasional dan selanjutnya ke era global. Era pandemi telah menuntut pergeseran dinamika masyarakat sekolah menuju penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Sementara Perguruan Tinggi dihadapkan pada masalah bagaimana agar warga masyarakat mampu menghadapi tantangan lebih jauh ke depan di era 4.0.
Melalui Identifikasi permasalahan melalui kegiatan Need Assesment, yaitu dengan mendiskusikan apa yang masyarakat butuhkan dan bagaimana pemenuhannya sesuai dengan kemampuan pelaksana program. SMP Kiufatu merupakan lembaga pendidikan yang baru dirintis dan lokasinya berada pada pedalaman Kabupaten TTS. Dari penelusuran tersebut diperoleh data bahwa tingkat pemahaman terhadap teknologi sangat lemah khususnya pada pemanfaatan teknologi dan media pembelajaran yang berbasis IT.