MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE UMMI PADA MAHASISWI MUSLIM DI RUSUNAWA PUTRI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KUPANG

  • Muhajir Musa Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Yahya Nikmad Nobisa Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Ilfiana Iffah Jihada Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Marwan Gozali Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: membaca Al_Qur’an, Metode Ummi, Mahasisiwa Musllim, Rusunawa

Abstract

Metode ummi dapat mengantarkan mahasiswa/I asrama untuk bisa membaca Al-Qur’an dengan lancar dan benar sesuai tajwid. Permasalahan yang melatar belakangi yaitu keaktifan yang rendah dalam pembelajaran Al-Qur’an, minimnya motivasi belajar, metode dan model pembelajaran yang tidak bervariatif, serta kualitas membaca Al-Qur’an yang masih kurang.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan beberapa cara yakni ceramah, diskusi, Tanya jawab, demontrasi dan praktik. Teknik ini digunakan untuk mempermudah peserta untuk memahami materi yang akan disampaikan sehingga pada akhir pertemuan semua peserta dapat mengamalkannya dalam kehidupan bermasyarakat.

Metode ummi adalah salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an. Ummi sendiri bermakna ibu yang mana identik dengan sabar, tabah, dan lembut. Metode ummi dapat mengantarkan mahasiswi asrama Universitas Muhamamdiyah Kupang untuk bisa membaca Al-Qur’an dengan mudah, lancar, dan sesuai tajwid. Perbedaan antara metode ummi dengan yang lainnya adalah metode pembelajaran ummi yang mudah, menyenangkan dan menyentuh hati. Setelah diadakan pelatihan metode ummi banyak mahasisiwa yang mulai motivasi untuk mempelajari Al-Qur’an karena metode ini sangat mudah untuk ditiru atau dipelajari oleh mahasiswi di asrama Universitas Muhamamdiyah Kupang.

Published
2022-12-26