PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 5 KUPANG TAHUN AJARAN 2019/2020

  • Adi Satria Ningsi Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Ivo Basri K. Universitas Muhammadiyah Kupang
  • St. Muthmainnah Yusuf Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: LKPD, Model MEA, Sistem Reproduksi Manusia

Abstract

Penilitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan dari produk hasil Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Means Ends Analysis (MEA) pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 5 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan modifikasi model pengembangan 4-D menjadi 3-D tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design) danpengembangan (develop). Instrumen yang digunakan lembar validasi dan angket respon guru. Nilai kevalidan LKPD perolehan rata-rata dari kedua validator sebesar 3.82 dapat disimpulkan bahwa secara umum LKPD yang telah dikembangkan sangat valid dan layak digunakan. Hal ini berarti bahwa LKPD yang telah dikembangkan dapat di ujicobakan untuk mengukur kepraktisan LKPD.Hasil dari angket respon guru tersebut dapat disimpulkan nilai rata-rata praktikalitas LKPD adalah 3.63. Dengan demikian, hasil angket kepraktisan oleh guru secara umum menunjukkan bahwa LKPD dikategorikan sangat praktis

References

Asmawati, E. Yuli Sari. (2015). “Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan.” Jurnal Pendidikan Fisika. 3(11): 1-16.
Iveny, C. Hobri. Susi . (2015). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika pada Model MEA Berbasis ScientificApproach”. Jurnal Pendidikan Matematika. 2 (1): 1-4.
Noto, M. (2014). “Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Smart”. Jurnal Ilmiah. 3 (1):18-32.
Nur, R. Aisyah. (2018). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model MEA dengan strategi Proces Log Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa”. Skipsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Surabaya.
Sagala, S. (2010). “Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar”. Bandung. Alfabeta.
Sudijono, A. (2010). “Pengantar Statistik Pendidikan”, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Widoyoko. (2012). “Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian”. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Zakiyah, R. (2015). “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasi Model MEA dan Pendekatan Saintifik pada Materi Kesebangunan Dikelas IX SMP Negeri 5 Kota Jambi”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jambi. Jambi.
Published
2022-05-29