Main Article Content

Abstract

Masalah yang di teliti dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pengembangan handouts dengan menggunakan media buku bacaan anak dapat meningkatkan hasil belajar menyimpulkan isi cerita pada siswa kelas V di MIS Fathul Mubin Namosain Kecamatan Alak Kota Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016?, Bagaimanakah peningkatan hasil belajar keterampilan menyimpulkan isi cerita siswa dengan pengembangan handouts menggunakan media buku bacaan anak pada siswa kelas V di MIS Fathul Mubin Namosain Kecamatan Alak Kota Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016?. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pendapatnya Nurkancana dan Sunartana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : (a) Proses penerapan pengembangan media handouts dengan buku bacaan anak yang dapat meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi cerita pada siswa kelas V di MIS Fathul Mubin Namosain Kecamatan Alak Kota Kupang; (b) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan pengembangan handouts dengan media buku bacaan anak pada siswa kelas V di MIS Fathul Mubin Namosain Kecamatan Alak Kota Kupang materi menyimpulkan isi cerita anakĀ  dikategori Baik.

Keywords

Hasil Belajar, menyimpulkan isi cerita, Handouts

Article Details

How to Cite
Nawawi, I. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menyimpulkan Isi Cerita Anak Melalui Pengembangan Handouts Dari Media Buku Bacaan Anak Kelas V di MIS Fathul Mubin Namosain Kota Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 3(2). Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/28