Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) apakah pembelajaran model kooperatif STAD dapat mendorong siswa untuk belajar tentang luas bangun lebih bersemangat; (2) Bermain kuis dapat mendorong siswa untuk belajar tentang luas bangun menjadi lebih bersemangat. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilakukan dalam 3 siklus dengan empat tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi. Kegiatan observasi di lengkapi dengan instrument observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa baik pembelajaran klasikal menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif STAD maupunĀ pembelajaran dengan Bermain Kuis dapat meningkatkan hasil belajarĀ siswa dalam mata pelajaran matematika pada kelas VIA di MIS Fathul Mubin NamosainĀ Kecamatan Alak Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur tahun pelajaran 2016/2017