Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Questioning pada pokok bahasan Gereja adalah Umat Allah pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kupang Timur, dan untuk mengetahui penerapan model Questioning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 3 Kupang Timur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kupang Timur. Teknik pengumpulan data merupakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan tes. Instrument dalam penelitian ini adalah menggunakan tes. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, pada siklus I dan II penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran Pendidikan Agama Katholik siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kupang Timur disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Questioning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar yang diperoleh dapat dibuktikan dengan hasil observasi proses belajar siswa pada setiap pertemuan pada siklus I dan II. Hasil belajarĀ  yang diperoleh pada siklus I adalah 71,88% meningkat menjadi 86,33 pada siklus II. Disamping itu siswa telah berani bertanya dalam kegiatan pembelajaran, baik kepada siswa maupun kepada guru mata pelajaran.

Keywords

Model pembelajaran Questioning; Hasil belajar siswa

Article Details

How to Cite
Atok, Y. (2020). MENINGKATKAN HAIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AGAMA KATHOLIK DAN BUDI PEKERTI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUESTIONING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KUPANG TIMUR. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 5(2), 63-68. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/300

References

  1. Aritha, (2016) Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran Questioning di SMP Negeri 2 Hinai Kab. Langkat. Jurnal Paedagogi. Volume 8 (2)
  2. Depdikbud. (1996) Metode Khusus Pengembangan Kemampuan Pendidikan Dan Kebudayaan Direktoral Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pendidikan Dasar Bagian Proyek Peningkatan Mutu Taman Kanak-Kanak.
  3. Marno dan Idris. (2008) Strategi dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  4. Noeroel, (2012) Model Pembelajaran Questioning. Tersedia pada laman https://forumgurunusantara.blogspot.com/2012/10/model-pembelajaran-questioning.html
  5. Pradana, H., Mujiburrahman. (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Questioning Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 4 (1) Edisi April 2019
  6. Sanjaya, (2006) Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
  7. Waffak., M., N., (2016) Implementasi Model Pembelajaran Questioning untuk Mengoptimalkan Keaktifan Belajara Siswa Dalam Pembelajaran (Ips) Di Kelas IV SDN Gumpang 01 Kartasaura Tahun Pelajaran 2015/2016. http://eprints.ums.ac.id/40828/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
  8. Wardiyaningsih, R., (2016) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Questioning Teknik Card Sort Kelas V SD Negeri 168234 Tebing Tinggi. Elementary School Journal PGSD. Volume 4 (1).