Main Article Content

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  mata pelajaran Pendidikan Agama Katholik dan Budi Pekerti  melalui  model Discovery Learning.  Penelitian tindakan  kelas  ini  dilaksanakan  sebanyak  2  siklus dengan  empat  tahapan yaitu  :  perencanaan,  pelaksanaan,  observasi,  refleksi.  Subjek  penelitian  ini adalah siswa kelas  XI SMA Negeri 3 Kupang Timur sebanyak 25 siswa. Penelitian  ini  menggunakan  teknik  analisis dekriptif kualitatif. Indiktor tindakan penelitian ini adalah system belajar tuntas yakni pencapaian nilai KKM  ≥ 75. Keberhasilan belajar diukur apabila setiap siswa telah mencapai nilai ≥ 75 maka dikatakan berhasil tutas dan secara klasikal apabila sebanyak 80 % siswa telah mencapai nilai   ≥ 75 maka dikatakan tuntas secara klasikal.


Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada penelitian tindakan kelas (PTK) dalam pembelajaran Agama Katholik dan Budi Pekerti dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sifat Gereja Yang Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar Agama Katholik dan Budi Pekerti Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Kupang Timur pada materi Sifat Gereja yang Kudus. Hal ini diketahui melalui pelaksanaan siklus I dan siklus II dimana terjadi peningkatan secara klasikal yakni dari 56% pada siklus I meningkat menjadi 86,33% pada siklus II.

Keywords

Model pembelajaran Discovery Learning; Hasil belajar siswa

Article Details

How to Cite
Atok, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Agama Katholik Dan Budi Pekerti Materi Sifat Gereja Yang Kudus Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 3 Kupang Timur. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 4(1), 47-53. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/301

References

  1. Abdullah. dkk. (2016). Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Proses Pengolahan Dan Pengawetan Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Pinrang.Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. 2.
  2. Ashadi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas Xi Mia 3 Semester Genap SMAN 1 Teras Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal pendidikan kimia (JPK). 5(4).
  3. Azwar, S. (2005). Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  4. Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
  5. Dasopang. (2017). Belajar Dan Pembelajaran.Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. 3(2).
  6. Hotang. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learninguntuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA3 SMAN 6 Pekanbaru Semester Genap. Physics Education Research Journal. 1(1).
  7. Kadri, M., Rahmawati, M., (2015) Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap Hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed. Volume 1 (1)
  8. Kurniasih dan Sani. (2014). Strategi–Strategi Pembelajaran. Alfabeta:Bandung:64
  9. Parida (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Ppkn Siswa Kelas Vii SMP N 8 Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan. 8(1).
  10. Raehang. (2014). Pembelajaran Aktif Sebagai Induk Pembelajaran Koomperatif. Jurnal Al-Ta’dib. 7(1).
  11. Rosarina, dkk.(2016).Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda.Jurnal Pena Ilmiah.1(1).
  12. Salmi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas Xii IPS 2 SMA Negeri 13 Palembang. jurnal profit. 6(1).
  13. Slameto. (2012). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
  14. Shabrona, dkk. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learningdalam Peningkatan Hasil Belajar Siswadi Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran. 2(1).
  15. Sudijono. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  16. Siono.,Y., dan Taek, ED., (2019) Pengaruh Kompetensi Guru Agama Katolik terhadap Prestasi Belajar Siswa-Siswi Di SMP Negeri 2 Kupang. Jurnal Pastoralia.Volume 1 (1)
  17. Suprijono. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakrta: Pustaka Pelajar.
  18. Thobroni, M. (2016). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  19. Syafi’i, Ahmad. dkk. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi.Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2).
  20. Shabrona, Dkk. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learningdalam Peningkatan Hasil Belajar Siswadi Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran. 2(1).