Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan mutu belajarsiswa setelah diterapkannya pembelajaran melalui metode tanya jawab.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research)bertempat di III SDI Sekip Kota SoE.Subyek penelitian adalah siswa-siswi Kelas III SDI Sekip Kota SoE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari:Silabus, Rencana Pelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa, Lembar Observasi Kegiatan Belajar Mengajar, dan lembar tes hasil belajar. Analisis tingkat keberhasilan atau persentase keberhasilan siswa setelah proses belajar mengajar setiap putarannya dilakukan dengan cara memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis pada setiap akhir putaran. Analisis ini dihitung dengan menggunakan statistik sederhana. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan yaitu : Pembelajaran dengan metode tanya jawab memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu; 1) siklus I (68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%); 2) Penerapan metode pembelajaran metode tanya jawab mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan sebagian siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran metode tanya jawab sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

Keywords

Metode, Tanya Jawab, PAI

Article Details

How to Cite
Muhamad, K. (2022). PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SD INPRES SEKIP KELAS III. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 7(2), 1-8. https://doi.org/10.59098/jipend.v7i2.808

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Berg, Euwe Vd. (1991).Miskonsepsi agama Islam dan Remidi Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
  3. Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
  4. Joyce, Bruce dan Weil, Marsh. 1972. Models of Teaching Model. Boston: A Liyn dan Bacon.
  5. Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.
  6. Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.
  7. Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press.Universitas Negeri Surabaya.
  8. Soedjadi, dkk.2000. Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi.Surabaya; Unesa Universitas Press.
  9. Suryosubroto, B. 1997.Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.
  10. Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  11. Widoko. 2002. Metode Pembelajaran Konsep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.