Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi anak belajar di masa pandemi COVID-19; (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran orang tua dalam mendampingi anak belajar di masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Sebjek penelitian adalah orang tua, yang memiliki anak masih Sekolah Dasar di Kelurahan Maulafa Kecamatan Maulafa Kota Kupang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis interaktif menurut Miles & Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.


Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua adalah sebagai penganti guru di rumah (1) Fasilitator yaitu menyediakan alat tulis, bahan ajar, samarthphone dan kuota internet, ruang belajar, tempat untuk mencuci tangan serta hand sanitizer; (2) Pendamping yaitu, mengawasi anak untuk tetap fokus belajar, memberikan penjelasan dan dorongan ketika anak mengalami masalah dalam belajar, membangun komunikasi yang baik dengan guru; (3) Motivator yaitu memberikan dorongan atau semangat ketika anak mulai jenuh atau bosan, mengingatkan anak agar selalu belajar dengan memakai bahasa yang lembut, mencari tahu apa yang menjadi masalah dalam belajar anak, dan memberikan penghargaan atas prestasi yang diraih anak. Faktor pendukung (1) terjalinnya kedekatan, dimana orang tua dan anak selalu melakukan kegiatan bersama; (2) memanfaatkan teknologi yang ada, dimana orang tua bersama anak mencari refrensi melalui smarthphone. Faktor penghambat (1) pendidikan orang tua, dimana orang tua kesulitan memahami materi dan kesulitan mengoperasikan smarthphone; (2) ekonomi orang tua, dimana orang tua kesulitan untuk memenuhi kebutuhan anak; (3) pekerjaan orang tua, dimana orang tua tidak memiliki cukup waktu dalam mendampingi anak.

Keywords

Peran orangtua, mendampingi, belajar, pandemic covid-19

Article Details

How to Cite
Kafomai, B., & Ramlah, S. (2023). PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN MAULAFA KECAMATAN MAULAFA KOTA KUPANG. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 8(1), 1-8. https://doi.org/10.59098/jipend.v8i1.921

References

  1. Andini, Y. T. & Widayanti, M. D. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 Di TK Bias Yogyakarta. Journal Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 4(2): 206-216.
  2. Aziza, F. N., & Yunus, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada Masa Study From Home Selama Pandemi Covid-19. Urban Green Conference Proceeding Library.
  3. Fadillah, Muhamad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar Ruzz. Media
  4. Hakim, M. H. I. (2020). Implementasi Kolaborasi Orang Tua dan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada PAUD. JIES: Jornal Of Islamic Education At Elementary School. 1(1): 26-33.
  5. Hwie (2018). Aspek Dalam Membantu Belajar Anak. Bogor: Ghalia Indonesia
  6. Kholil, A. (2021). Kolaborasi Peran Serta Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring. Jurnal Pendidikan Guru.2(1). https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/jurpendigu/article/download/191/209/775.
  7. Kurniati, E., Alfaeni, N., Andriani, F. (2021). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1): 241-256.
  8. Nuratika, S. & Ridha, U. (2021). Peran Orang Tua Mendampingi Anak Belajar di Rumah Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1, No. 1, 193-200.
  9. Retnowati, S., & Widianan, S. H. (2021). Peran Orangtua Terhadap Pendampingan Belajar Anak Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Tadulak. Vol. 7 No. 2. 94-99
  10. Saputri & Ega, A. (2017). Pendampingan Anak Dalam Keluarga Di TK Pertiwi Kebasen Kabupaten Banyumas. Skripsi UNY: Tidak Diterbitkan
  11. Soekanto, Soerjono. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers
  12. Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi (Konsep Dasar, Prinsip Aplikatif, dan Perancangannya). FKIP Universitas Lambung Mangkurat. http://diakronika.ppj.unp.ac.id
  13. Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta
  14. Valeza, Alsi R. (2017). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung. Skripsi: UIN Raden Intan Lampung. http s://www.researchgate.net/publication/341708783.