Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembelian Rumah di Perumahan Gemstone Regency Alak Kota Kupang)

  • Siti Maimunah Fak. Ekonomi Universitas Muhammadiyah Kupang
  • syarifuddin syarifuddin Fak. Ekonomi Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Fitriningsih Amalo Fak. Ekonomi Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi dan Keputusan Pembelian.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui Pengaruh secara Parsial Faktor Budaya Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Perumahan Gemstone Regency Alak Kota Kupang; 2) untuk mengetahui Pengaruh secara Parsial Faktor Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Perumahan Gemstone Regency Alak Kota Kupang; 3) untuk mengetahui Pengaruh secara Parsial Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Perumahan Gemstone Regency Alak Kota Kupang; 4) untuk mengetahui pengaruh secara Simultan Faktor Budaya, Faktor Sosial dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Perumahan Gemstone Regency Alak Kota Kupang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner serta jumlah sampel 72 rumah. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan program SPSS FOR Windows Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Hasil analisis uji t variabel faktor budaya memiliki t hitung sebesar 2.542 > t tabel sebesar 1.995 dengan nilai signifikan 0,013 < 0,05, secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada pembelian rumah di Perumahan Gemstone Regency Alak; 2) Hasil uji t variabel faktor Sosial memiliki t hitung sebesar 2.844 > t tabel 1.995 dengan nilai signifikan 0,006 < 0,05, secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada pembelian rumah di Perumahan Gemstone Regency Alak; 3) Hasil uji t variabel faktor Pribadi memiliki t hitung sebesar 3.581 > t tabel 1.995 dengan nilai signifikan 0,001 < 0,05, secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada pembelian rumah di Perumahan Gemstone Regency Alak; 4) Uji Simultan (uji F) diperoleh f hitung 12.151 > f tabel sebesar 2.740 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Oleh karena itu faktor budaya, faktor sosial dan faktor pribadi secara simultan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.

Published
2024-04-17
How to Cite
Maimunah, S., syarifuddin, syarifuddin, & Amalo, F. (2024). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembelian Rumah di Perumahan Gemstone Regency Alak Kota Kupang). Jurnal Manajemen , 8(1). https://doi.org/10.59098/jm.v8i1.2169