Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motif Mahasiswa Berbelanja Online Di Universitas Muhammadiyah Kupang

  • Gregorius Jemago Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Hanifa Djakaria Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Vera Herlina Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Kupang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kemudahan dan kepercayaan
konsumen terhadap motif mahasiswa berbelanja online baik secara parsial maupun simultan,
dan (2) diantara faktor kemudahan dan kepercayaan konsumen manakah yang pengaruhnya
paling dominan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kausal. Populasi penelitian adalah
seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kupang. Sampel ditentukan sebanyak 98
orang dengan teknik accidental sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Teknik
analisis data menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa
(1) factor kemudahan dan kepercayaan konsumen secara parsial dan simultan berpengaruh
signifikan terhadap motif mahasiswa berbelanja online di Universitas Muhammadiyah
Kupang dan (2) kepercayaan konsumen merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh
terhadap motif mahasiswa berbelanja online di Universitas Muhammadiyah Kupang

Published
2020-10-01