Konsep Dasar Perencanaan Pemasaran Dan Proses Penyusunannya
Abstract
Perusahaan menjalani proses manajemen dalam mengembangkan perencanaan
pemasaran. Perusahaan perlu memahami posisinya di tengah percaturan persaingan
yang semakin keras. Perencanaan pemasaran adalah hal yang penting untuk setiap
operasi yang bertujuan untuk mengefisienkan dan mengefektifkan pemasaran suatu
produk atau layanan.Tujuan dari penulisan ini adalah 1) untuk mengetahui konsep
perencanaan pemasaran. 2) untuk mengetahui arti penting perencanaan pemasaran. 3)
untuk mengetahui proses perencaan pemasaran. 4) untuk mengetahui hubungan antara
perencanaan pemasaran dengan perencanaan perusahaan. Perencanaan pemasaran
diperlukan untuk mengatasi meningkatnya tekanan kompetisi, kompleksitas lingkungan,
dan cepatnya perubahan teknologi. Terdapat dua pembagian umum perencanaan
pemasaran yaitu perencanaan pemasaran untuk produk baru dan perencanaan pemasaran
tahunan. Perencanaan pemasaran memberi gambaran pembagian tanggung jawab, tugas,
dan pengaturan jadwal kegiatan. Strategi dalam perencanaan pemasaran harus
diimplementasikan. Penjadwalan dan pembagian tanggung jawab sangat penting.
Perencanaan pemasaran memberi struktur/outline yang jelas mengenai pembagian
tanggung jawab agar strategi berdampak maksimal terhadap keseluruhan perencanaan