Konsep Dasar Perencanaan Pemasaran Dan Proses Penyusunannya
Abstract
Perusahaan menjalani proses manajemen dalam mengembangkan perencanaan pemasaran. Perusahaan perlu memahami posisinya di tengah percaturan persaingan yang semakin keras. Perencanaan pemasaran adalah hal yang penting untuk setiap operasi yang bertujuan untuk mengefisienkan dan mengefektifkan pemasaran suatu produk atau layanan.Tujuan dari penulisan ini adalah 1) untuk mengetahui konsep perencanaan pemasaran. 2) untuk mengetahui arti penting perencanaan pemasaran. 3) untuk mengetahui proses perencaan pemasaran. 4) untuk mengetahui hubungan antara perencanaan pemasaran dengan perencanaan perusahaan. Perencanaan pemasaran diperlukan untuk mengatasi meningkatnya tekanan kompetisi, kompleksitas lingkungan, dan cepatnya perubahan teknologi. Terdapat dua pembagian umum perencanaan pemasaran yaitu perencanaan pemasaran untuk produk baru dan perencanaan pemasaran tahunan. Perencanaan pemasaran memberi gambaran pembagian tanggung jawab, tugas, dan pengaturan jadwal kegiatan. Strategi dalam perencanaan pemasaran harus diimplementasikan. Penjadwalan dan pembagian tanggung jawab sangat penting. Perencanaan pemasaran memberi struktur/outline yang jelas mengenai pembagian tanggung jawab agar strategi berdampak maksimal terhadap keseluruhan perencanaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0.
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following conditions:
1. The author acknowledges that Jurnal Manajemen [E-ISSN: 2303-3495] has the right to publish for the first time under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY 4.0.
2. Authors can submit articles separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (eg: sending to a repository, author's institution, publication in a book, etc.), by acknowledging that the manuscript has been published first time in Jurnal Manajemen [E-ISSN: 2303-3495].