Systematic Literature Review : Green Tourism Marketing Strategy
Abstract
Pemasaran Green Tourism sebagai upaya pengembangan ramah lingkungan destinasi wisata,
sinergi pemerintah, dunia usaha dan partisipasi masyarakat menjadi motor penggerak
pengembangan produk wisata yang berdaya saing tinggi. Dalam penulisan artikel ini
bertujuan untuk memberikan konsep pemasaran hijau pariwisata sebagai upaya
pengembangan ekonomi dan penguatan lingkungan (eco-growth) melalui pengembangan
model pemasaran pariwisata hijau. Inti dari telaan ini adalah pengembangan model
pemasaran green tourism yang sedang berkembang kawasan wisata hijau ini dapat
mendorong pertumbuhan usaha wisata yang dimiliki kemampuan untuk membuat efek
pengganda untuk peningkatan kesempatan kerja dan meningkatkan peluang kesejahteraan
masyarakat pariwisata. Pemasaran green tourism menjadi cikal bakal berkembangnya
kawasan unggulan produk pariwisata hijau yang diperlukan untuk mengintegrasikan
pengembangan industri pariwisata berwawasan lingkungan baik untuk keberlanjutan ekonomi,
sosial budaya masyarakat dan sumberdaya lingkungan itu sendiri