Pengaruh Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Membeli Konsumen di Pasar Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang

  • Siti Nurhayati Fakultas Ekonomi Univ. Muhammadiyah Kupang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui siginifikansi pengaruh merek, harga dan
promosi secara parsial terhadap keputusan membeli konsumen di Pasar Oesapa Kecamatan
Kelapa Lima Kota Kupang, (2) Untuk mengetahui siginifikansi pengaruh merek, harga dan
promosi secara simultan terhadap keputusan membeli konsumen di Pasar Oesapa Kecamatan
Kelapa Lima Kota Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli (konsumen) yang
melakukan transaksi di Pasar Oesapa Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Hasil analisis
inferensial menunjukkan bahwa secara parsial variable merek berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan membeli konsumen dengan nilai thitung 2,906 dan nilai signifikan 0,006 <
0,05. Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan keputusan membeli konsumen dengan
nilai thitung 4,566 dan nilai sinifiikan 0,000 < 0,05. Variabel promosi tidak berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan membeli konsumen dengan nilai thitung 0,615 dan nilai signifikan
0,542 > 0,05. Secara simultan variable bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan membeli konsumen dengan nilai fhitung 11,759 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05.
Kontribusi ketiga variable bebas tersebut sebesar 43,4% dan sisanya 53,6% ditentukan oleh
variable lain yang tidak terlibat dalam penelitian ini. Sejalan dengan hasil penelitian dapat di
simpulkan bahwa tidak semua variable bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap
variable terikat. Dapat dilihat dari tiga variable bebas (merek, harga dan promosi), hanya dua
variable bebas yaitu variable merek dan harga yang berpengaruh positif terhadap keputusan
membeli konsumen, sedangkan variable promosi tidak berpengaruh terhadap keputusan membeli
konsumen

Published
2022-10-01