Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mengkaji kemampuan membaca pemahaman siswa SD melalui penerapan pembelajaran literasi berbasis tematik berbantuan buku cerita bergambar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN Radha, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur, yang berjumlah 16 orang dengan rincian 11 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model penelitian tindakan McTaggart Kemmis & Nixon yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan di dalamnya yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada tahapan prasiklus kemampuan membaca pemahaman siswa mencapai rata-rata 53,43. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hasil yang dicapai siswa meningkat menjadi 63,43. Selanjutnya pada tindakan siklus II kemampuan membaca pemahaman siswa mengalami peningkatan menjadi 72,18.  Dilihat dari hasil di setiap siklusnya, perolehan siswa terus mengalami peningkatan. Dengan demikian pembelajaran literasi dengan suplemen buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas SD.

Keywords

Membaca Pemahaman Pembelajaran Literasi Pembelajaran Tematik Buku Cerita

Article Details

How to Cite
Ria, F. X., Awe, E. Y., & Laksana, D. N. L. (2023). Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Pembelajaran Literasi dengan Suplemen Buku Cerita Bergambar: Studi Tindakan Kelas pada Pembelajaran Tematik . Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(2), 570-577. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.1006