Main Article Content

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem base learning) pada materi perkembangan teknologi komunikasi dan praja muda karana terhadap hasil belajar peserta didik kelas III di SD Negeri 94 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model kemmis dan McTanggart melalui 4 tahap dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi serta refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas III dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) menujukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yaitu 78,8. Persentase peserta didik yang mencapai KKM pada siklus 1 yaitu sebesar 67%. Lalu dilanjutkan pada siklus 2 hasil belajar peserta didik mencapai 89,6 dan presentasi peserta didik yang mencapai KKM adalah 96%.

Keywords

hasil belajar Model Pembelajaran Problem Based Learning

Article Details

How to Cite
Ariani, D., Indaryanti, & Dakim. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III A di SD Negeri 94 Palembang melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(2), 547-551. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.1021