Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunakan media video pembelajaran dalam rangka meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 235 Palembang pada materi pengumpulan dan penyajian data. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas V C SD Negeri 235 Palembang yang berjumlah 24 peserta didik terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 8 peserta didik perempuan. Data diperoleh melalui hasil tes peserta didik pada tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada materi pengumpulan dan penyajian data dengan menggunakan media video pembelajaran. Hal ini terbukti dari nilai hasil tes yang diperoleh peserta didik di kelas V C. Nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik pada pra siklus adalah 52,91 kemudian pada siklus I nilainya naik menjadi 64,58 dan pada siklus II rata-rata nilai peserta didik meningkat menjadi 83,33. Hasil tersebut dapat dilihat dari siklus ke siklus mengalami peningkatan hasil belajar dan telah mampu memacu para peserta didik untuk lebih aktif khususnya dalam pembelajaran pada materi pengumpulan dan penyajian data dengan menggunakan media video pembelajaran.

Keywords

Hasil Belajar Media Video Pembelajaran Pengumpulan dan Penyajian Data

Article Details

How to Cite
Miranti, W., Nopri, & Ratna Kartika Waty , E. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA DI KELAS V SDN 235 PALEMBANG. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(3), 759-764. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1024