PENGEMBANGAN SOAL BERBASIS DIMENSI PENGETAHUAN METAKOGNITIF PADA SEMESTER GENAP KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Laulak Salsabila Universitas Muhammadiyah Sukabumi , Indonesia
  • Arsyi Rizqia Amalia Universitas Muhammadiyah Sukabumi , Indonesia
  • Din Azwar Uswatun Universitas Muhammadiyah Sukabumi , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1034

Keywords:

Soal, Dimensi Pengetahuan Metakognitif

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan evaluasi pembelajaran peserta didik di kelas V kurang memunculkan soal yang berbasis pengetahuan metakognitif sehingga ketika evalusi belajar hanya memberi jawaban pada soal yang didapatkan dari ingatan hasil belajar di kelas saja dan tidak menjawab secara luas sesuai kemampuan pengetahuannya. Penelitian pengembangan ini diharapkan dapat menjadi alat bantu peserta didik untuk mengasah kemampuan berpikirnya melalui soal berbasis dimensi pengetahuan metakognitif. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik analisis dat menggunakan observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal metakognitif berdasarkan penilaian validasi ahli mendapat kriteria sangat baik dengan skor ahli materi 94%, ahli media 79% dan penilaian angket respon peserta didik dengan skor 81% dan respon guru dengan skor 65%. Hal ini menunjukkan bahwa soal berbasis dimensi pengetahuan metakognitif yang dikembangkan layak digunakan sebagai evaluasi atau penilaian hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-11-23

How to Cite

Salsabila, L., Amalia, A. R., & Uswatun, D. A. (2023). PENGEMBANGAN SOAL BERBASIS DIMENSI PENGETAHUAN METAKOGNITIF PADA SEMESTER GENAP KELAS V SEKOLAH DASAR . Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(3), 674–680. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1034

Citation Check