Main Article Content

Abstract

Penelitian ini berjudul "Pengaruh Model Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar" dengan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh model pembelajaran VCT terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila kelas IV  SDN Tawangrejo 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media puzzle terhadap hasil belajar pendidikan pancasila kelas IV sekolah dasar. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas IV yang berjumlah 34 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan design penelitian one group pretest -post test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tet pretes dan postest. Teknik analisis data menggunakan uji t sample paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran VCT berbantuan media Puzzle terhadap hasil belajar pendidikan pancasila kelas IV sekolah dasar terbukti. Hal ini ditunjukkan hasil uji t  dengan nilai sign (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, maka katakan Ho ditolak sehingga Ha diterima dengan arti model VCT perbantuan media puzzle berpengaruh positif terhadap hasil belajar pendidikan Pancasila kelas IV SD Tawangrejo 2 tahun pelajaran 2022/2023.

Keywords

model Pembelajaran VCT media puzzle hasil belajar

Article Details

How to Cite
Wulandari, D., & Kurniawan, M. I. (2023). Pengaruh Model Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(2), 578-585. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.1037