Main Article Content

Abstract

Pembelajaran matematika bangun datar harus dikuasai oleh peserta didik karena bentuk bangun datar seringkali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada nyatanya dilapangan menunjukan kemampuan belajar matematis peserta didik pada substansi bangun datar masih tergolong rendah dikarenakan keterbatasan bahan ajar yang mendukung proses pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini yakni untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis digital pada kajian matematika substansi bangun datar untuk peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima langkah yaitu Adapun langkah-langkah tipe ADDIE ini yaitu langkah analisis, langkah desain, langkah pengembangan, langkah evaluasi dan langkah implementasi. Akan tetapi penelitian ini dilakukan sekadar pada langkah implentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan, menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi, angket validasi dari ahli media dan materi serta hasil praktikalitas dari angket respon peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Cihaurbeuri dan SDN 03 Cihaurbeuti. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar berbasis digital menunnjukan bahwa rata-rata hasil analisis ahli materi dan media yaitu 87,44% termasuk kedalam kategori “sangat valid”. Dan hasil tes percobaan produk sangat praktis. Pada tes percobaan yang dilakukan pada skala kecil, produk yang dikembangkan mendapatkan rerata persentase 85,44% memperoleh kriteria “sangat praktis” Dan hasil tes percobaan yang dilakukan dalam skala yang lebih luas, produk yang dikembangkan mendapatkan rerata persentase 88% memperoleh kriteria “sangat praktis”. Dengan demikian produk bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru dan siswa pada proses pembelajaran matematika.

Keywords

Bahan Ajar Berbasis Digital; Pembelajaran Matematika

Article Details

How to Cite
Nurhamidah, L., Karlimah, & Prasetyo, Y. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS DIGITAL PADA KAJIAN MATEMATIKA SUBSTANSI BANGUN DATAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 5(1), 112-119. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1043