APLIKASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) DIORA TOPIK PENGOLAHAN LIMBAH RUMAH TANGGA UNTUK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Gustiana Dewi Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ghullam Hamdu Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Agnestasia Ramadhani Putri Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1064

Keywords:

Aplikasi pembelajaran, ESD, limbah rumah tangga, media digital

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran digital berupa aplikasi berbasis Education for Sustainable Development (ESD). Diapahami ESD sebagai bagian dari Sustainable Development Goals (SDGs) untuk cakupan pendidikan. Materi yang dikaitkan dengan ESD memiliki ciri yang menghubungkan materi dengan tiga pilar SDGs yaitu lingkungan, sosial dan ekonomi. Penelitian ini menggunakan yaitu DBR ( Desain Based Research) yang terdiri tahapan (1) analisis masalah praktis oleh peneliti dan praktisi bekerja sama, (2) pengembangan solusi berdasarkan prinsip desain yang ada dan inovasi teknologi, (3) proses berulang dimana solusi yang dikembangkan diuji kelayakannya oleh ahli, serta (4) pelaksanaan refleksi untuk menghasilkan prinsip desain dan meningkatkan solusi implementasi. Hasil uji validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan sudah layak digunakan, adapun bebrapa saran dari para ahli untuk agar aplikasi lebih baik lagi. Respon peserta didik berdasarkan uji coba menunjukkan bahwa materi yang disajikan menarik perhatian peserta didik, juga sebagian besar peserta didik sangat setuju bahwa belajar menggunakan aplikasi membuat semangat belajar.

Downloads

Published

2023-11-24

How to Cite

Dewi, G., Hamdu, G., & Ramadhani Putri, A. (2023). APLIKASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) DIORA TOPIK PENGOLAHAN LIMBAH RUMAH TANGGA UNTUK SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(3), 689–698. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1064

Citation Check