Main Article Content
Abstract
Tujuan pelaksanaan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran digital berupa aplikasi berbasis Education for Sustainable Development (ESD). Diapahami ESD sebagai bagian dari Sustainable Development Goals (SDGs) untuk cakupan pendidikan. Materi yang dikaitkan dengan ESD memiliki ciri yang menghubungkan materi dengan tiga pilar SDGs yaitu lingkungan, sosial dan ekonomi. Penelitian ini menggunakan yaitu DBR ( Desain Based Research) yang terdiri tahapan (1) analisis masalah praktis oleh peneliti dan praktisi bekerja sama, (2) pengembangan solusi berdasarkan prinsip desain yang ada dan inovasi teknologi, (3) proses berulang dimana solusi yang dikembangkan diuji kelayakannya oleh ahli, serta (4) pelaksanaan refleksi untuk menghasilkan prinsip desain dan meningkatkan solusi implementasi. Hasil uji validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan sudah layak digunakan, adapun bebrapa saran dari para ahli untuk agar aplikasi lebih baik lagi. Respon peserta didik berdasarkan uji coba menunjukkan bahwa materi yang disajikan menarik perhatian peserta didik, juga sebagian besar peserta didik sangat setuju bahwa belajar menggunakan aplikasi membuat semangat belajar.