Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan  peningkatan pemahaman konsep siswa kelas III pada mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari 2 siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri Sambonganyar dengan jumlah keseluruhan 25 siswa. Instrument yang digunakan peneliti berupa lembar observasi, dan tes pemahaman konsep. Peneliti menggunakan jenis pengumpulan data berupa lembar wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil tes dalam penelitian pemahaman konsep pada prasiklus menunjukkan bahwa persentase siswa yang tuntas sebesar 40%, persentase siswa tidak tuntas sebesar 60%, sehingga memperoleh nilai prasiklus sebesar 57.79 dengan kategori perlu bimbingan. Pemahaman konsep pada siklus I, persentase siswa yang tuntas sebesar 48%, dan persentase siswa yang tidak tuntas sebesar 52%, sehingga diperoleh nilai rata-rata sebesar 64.13 dengan kategori perlu bimbingan. Hasil tes pemahaman konsep pada siklus II berhasil mencapai indikator keberhasilan  ≥75 dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 88.00%, persentase siswa tidak tuntas sebesar 12%, dan memperoleh nilai rata-rata sebesar 81.48 dengan kategori Baik. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing berbantuan media Magic Book dapat meningkatkan pemehaman konsep siswa.

Keywords

pemahaman konsep magic Book Role Playing

Article Details

How to Cite
Salamah, U., Arsyad Fardani, M., & Ardana Riswari, L. (2023). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA MAGIC BOOK PADA SISWA KELAS III. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(3), 765-772. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1067