Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan membaca siswa pada tingkat kelasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran  terhadap kemampuan membaca anak kelas III Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan jenis ekperimen Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi.Tempat penelitian di SD Negeri 2 Ulak Paceh dengan total populasi kelas III adalah 26. Hasil penelitian dengan 26 siswa sebagai sampel test dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design menunjukan bahwa penggunaan media video pembelajaran di sekolah dasar berhasil. Dengan nilai rata-rata posttest lebih tinggi dibanding dengan pretest dengan nilai rata-rata pretest 46,46 dan nilai rata-rata posttest 82,69. Dapat kita lihat juga dari hasil uji hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan membaca anak kelas III sekolah dasar.

Keywords

Media Video; Kemampuan Membaca

Article Details

How to Cite
Juniansyah, R., Masnunah, & Lara Syaflin, S. (2023). PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(3), 716-722. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1071