Main Article Content

Abstract

Rendahnya prestasi belajar siswa diakibatkan karena kurangnya penguasaan materi yang maksimal dalam proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan berbantuan model pembelajaran PjBL pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan soal Prestest dan Posttest. Model pembelajaran PjBL merupakan model yang menggabungkan pembelajaran aktif dalam lingkungan pendidikan berbasis proyek yang mengacu pada dunia nyata siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan rancangan One Groups Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B SDN Bakalan Wringinpitu yang berjumalah 19 siswa, yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik analisis data menggunakan uji t sample paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran PjBL dengan berbantuan media pembelajaran PPT terhadap prestasi belajar di kelas V sekolah dasar terbukti. Hal ini ditunjukkan hasil uji t  dengan nilai sign (2 tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Dapat dikatakan bahwa Ho ditolak sehingga Ha diterima dengan arti model pembelajaran PjBL dengan berbantuan media pembelajaran PPT berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Tema 7 kelas V-B SDN Bakalan Wringinpitu tahun ajaran 2022/2023.

Keywords

PjBL; Prestasi Belajar

Article Details

How to Cite
Isnaini, E., & Untari, R. S. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN BAKALAN WRINGINPITU. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 4(3), 652-660. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i3.1084