Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Probem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas V SD Negeri Wangkanapi Kota Bau-Bau. Penelitian yang digunakan ex post facto. Sampel penelitian ini adalah kelas VA sebanyak 26 orang dengan 10 laki-laki dan 16 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket model PBL dan tes soal IPA kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model Problem Based Learning dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan  >  dimana 3,585 > 2,064 dengan ini  ditolak dan  diterima, dengan besaran pengaruh 34,9% dan indikator kemampuan berpikir kritis siswa yang paling dominan adalah Elementary Clarification (memberikan penjelasan sederhana) dengan besar pengaruh 16%.

Keywords

Problem Based Learning: Critical Thinking

Article Details

How to Cite
Amri, N., Hartinawanti, & Rosnawati, V. (2024). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 5(1), 86-92. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1123