Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisi pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Profil Pelajar pancasila di SDN Topodo diterapkan. Penelitian ini dilakukan di SDN Tropodo, khususnya di kelas IV B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Guru dan siswa kelas IV B menjadi subyek informasi observasi. Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan adalah beberapa teknik analisis data yang digunakan. Ini adalah cara analisis interaktif. Hasil observasi pendidikan karakter menunjukkan analisis pendidikan karakter sebagai upaya mewujudkan profil siswa Pancasila di SDN Tropodo, melalui proyek enam eleman yang ada di Profil Pelajar Pancasila telah dilaksanakan dengan baik, namun pembiasaan diberikan prioritas yang lebih tinggi dalam pendidikan karakter. Faktor pendukung dari program ini yaitu kepala sekolah yang selalu mendukung program yang akan dilaksanakan dan peran orang tua yang mampu bekerja sama untuk penerapan program yang akan diterapkan. Penghambat dari program ini adalah guru kesusahan dalam membuat modul proyek untuk meningkatkan reputasi siswa Pancasila. Dalam rangka implementasi pendidikan karakter dalam bentuk profil siswa yang pancasila, program-program lain yang bersinergi untuk membentuk karakter harus didukung. Dalam rangka implementasi pendidikan karakter, faktor pendukung dari pihak sekolah dan wali murid harus bersinergi dengan baik.


Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, SDN Tropodo


Abstract:  The purpose of this research is to find out the analysis of character education as an effort to realize the Pancasila Student Profile at Topodo Elementary School. This research was conducted at SDN Tropodo, especially in class IV B. This research used a qualitative approach with data collection techniques of observation, interviews, and documentation. Teachers and students of class IV B became the subject of observational information. Data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions are some of the data analysis techniques used. It is an interactive way of analysis. The results of character education observations show that the analysis of character education as an effort to realize the profile of Pancasila students at SDN Tropodo, through the six-element project in the Pancasila Student Profile has been carried out well, but habituation is given higher priority in character education. Supporting factors for this program are the principal who always supports the program to be implemented and the role of parents who are able to work together for the implementation of the program to be implemented. The obstacle to this program is the teacher's difficulty in making project modules to improve the reputation of Pancasila students. In the context of implementing character education in the form of Pancasila student profiles, other programs that work together to shape character must be supported. In the context of implementing character education, supporting factors from the school and student guardians must synergize well.

Keywords

Pendidikan Karakter; Profil Pelajar Pancasila

Article Details

How to Cite
Tirtoni, F., & Yanti, C. D. (2024). ANALISIS PENDIDIKAN KARKTER SEBAGAI UPAYA PERWUJUDAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN TROPODO . Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 5(1), 120-128. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1149