Main Article Content
Abstract
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan salah satu karakteristik dari kurikulum Merdeka. Pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila diharapkan menjadikan peserta didik yang mencerminkan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pncasila (P5) dengan tema kewirausahaan di SDN Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan di SDN Gedangan Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Sumber data berasal dari 23 siswa dan guru kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema kewirausahaan di kelas IV SDN Gedangan dilaksanakan dengan baik dan memperoleh antusias tinggi dari peserta didik. Kegiatan P5 diharapkan dapat meningkatkan kerjasama antar peserta didik serta dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan seperti kreatif, inofatif, atau munculnya ide-ide baru dan dapat menciptaka produk yang memiliki nilai daya jual.