Main Article Content
Abstract
Profil program pendidikan inklusi adalah gambaran singkat sebuah program yang dirancang untuk menyatukan anak-anak berkebutuhan khusus di kelas dan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan profil program pendidikan inklusi di SDN Sedati Agung Sidoarjo yang meliputi tenaga pengajar, kurikulum, sarana dan prasarana, serta monitoring dan evaluasi di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah atau koordinator inklusi, guru pendamping dan guru pendamping khusus. Metode observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Instruksi observasi dan wawancara dijadikan sebagai instrumen penelitian. Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan digunakan sebagai teknik analisis. Uji kredibilitas, teknik dan triangulasi sumber digunakan untuk menguji keabsahan data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SDN Sedati Agung Profil Program Pendidikan Inklusi ; 1) tenaga pendidik di SDN sedati Agung, 2) kurikulum yang digunakan kurikulum tidak tetap guna menyesuaikan karakter siswa inklusi serta setiap 3 bulan sekali akan dimodifikasi dengan menyesuaikan potensi anak berkebutuhan khusus dengan mempertimbangkan karakter (ciri-ciri) dan tingkat kecerdasannya, 3) Fasilitas dan sarana untuk melayani anak berkebutuhan khusus meliputi adanya ruangan khusus, alat penunjang dan buku penunjang layanan anak bekebutuhan khusus, 4) Monev dilakukan untuk mengevaluasi siswa inklusi melalui kerja sama dengan orang tua untuk menginformasikan perkembangan siswa inklusi.