Main Article Content

Abstract

Sebagai warga negara Indoensia sangatlah penting mempunyai pengetahuan tentang bahasa baku Indonesia. Menggunakan kata baku memiliki fungsi pemersatu, pemberi kekhasan, pembawa kewibawaan, dan kerangka acuan menurut (Fitri, 2017). Untuk itu pengetahuan tentang kata baku diberikan semenjak pendidikan dasar agar mengetahui dan terbiasa dalam menggunakan kata baku. Penelitian ini bertujuan mecari tahu bagaimana pengetahuan kata baku siswa kelas VI SDN Rancalutung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara analisis dokumen berupa hasil uji rumpang, yang mana siswa diberikan sebuah cerita rumpang yang mesti di isi dengan opsi kata baku yang telah disiapkan, jumlah pertanyaan kata rumpang berjumlah 10, Hasil dari tes tesebut mendapatkan kesimpulan siswa kelas VI di SDN Rancalutung memiliki pengetahuan  tentang kata baku cukup baik dari 10 pertanyaan yang isian rumpang yang disajikan 7 pertanyaan diantaranya di isi dengan dominasi jawaban benar.   Adapun masih ada kesalahan dalam jawaban  siswa merupakan faktor pembiasaan siswa dalam berkomunikasi sehari-hari mengunakan bahasa Jawa.

Keywords

Analisis Pengetahuan; Kata Baku

Article Details

How to Cite
Prakasa, M. T., & Wardana, D. (2024). ANALISIS PENGETAHUAN KATA BAKU SISWA KELAS VI SDN RANCALUTUNG PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 5(2), 302-307. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i2.1183