Main Article Content

Abstract

Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk menguraikan hasil dari pengaruh model kooperatif tipe CIRC model pembelajaran dalam mengatasi faktor yang dialami oleh siswa SD kalangan generasi Z pada keminatannya dalam membaca. Subjek pada penelitian ini ditujukan kepada generasi Z jenjang Sekolah Dasar. Metode yang digunakan ialah kualitatif deksriptif. Studi literatur menjadi teknik dalam pengumpulan datanya. penelitian ini hasilnya menunjukkan minat baca siswa SD kalangan generasi Z di Indonesia masih tergolong rendah, terlihat pada buku pojok yang tidak pernah disentuh anak-anak, faktor ini disebabkan karena kurangnya arahan dari orang tua serta guru di sekolah, minimnya pengetahuan terhadap manfaat membaca buku dan genre yang disediakan kurang menarik oleh anak-anak. Hendaknya seorang guru memberikan bimbingan kepada anak didiknya sekaligus mengadakan perkumpulan wali murid untuk memberi arahan perihal minat baca anak.

Keywords

generasi z minat baca peran guru model kooperatif tipe CIRC

Article Details

How to Cite
Fitria, V. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC TERHADAP PERKEMBANGAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 5(3), 369-373. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i3.1190