Main Article Content

Abstract

Penggunaan media pembelajaran elektronik yang belum optimal dalam proses pembelajaran melatarbelakangi penelitian ini. Media elektronik yang digunakan guru hanya PowerPoint dan video dari Youtube. Siswa mempunyai ketertarikan untuk menggunakan media yang memberikan tampilan menarik dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 materi zat tunggal dan zat campuran kelas V sekolah dasar yang valid dan praktis. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model yang digunakan yaitu model ADDIE. Subjek penelitian adalah siswa SDN 54 Pangkalpinang kelas V berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data dilakukan secara kuantitatif melalui perhitungan persentase dari perolehan angket dan persentase diinterpretasikan sesuai dengan tabel interval. Hasil validasi ahli media mendapatkan persentase 100% (sangat valid), ahli bahasa mendapatkan persentase 92% (sangat valid), dan ahli materi mendapatkan persentase 80% (valid). Uji coba skala kecil mendapatkan persentase 95% (sangat paktis), uji coba skala besar mendapatkan persentase 97% (sangat paktis), dan angket guru mendapatkan persantase 98% (sangat praktis). Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 untuk kelas V sekolah dasar materi zat tunggal dan zat campuran dapat disimpulkan sangat valid dan sangat praktis digunakan.

Keywords

Media Interaktif; Articulate Storyline 3

Article Details

How to Cite
Sherlyana, Pramesti, D., & Hevitria. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 MATERI ZAT TUNGGAL DAN ZAT CAMPURAN KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 5(1), 101-111. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1205