Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar peserta didik dapat belajar memahami dari berbagai sudut pandang yang berbeda, dapat mendidik keterampilan berkolaborasi, berpikir lebih kompleks, dan menciptakan keterampilan menyelesaikan permasalahan. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari empat kelas, dengan total keseluruhan 112 peserta didik. Pengumpulan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, sehingga didapatkan sampel eksperimen yaitu 28 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu pretest dan posttest berupa soal-soal objektif. Hasil perolehan data dianalisis menggunakan statistika inferensial Uji-T. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis signifikansi menggunakan uji T didapatkan data 0,05 dari nilai thitung > ttabel yaitu 37,089 > 2,052 artinya H0 ditolak sehingga diperoleh kesimpulan bahwa implementasi model PBL dapat meningkatkan kemampuan HOTS siswa sekolah dasar.

Keywords

PBL; HOST; IPAS

Article Details

How to Cite
Pravita Agustin, S., & Shofiyah, N. (2024). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata , 5(1), 68-74. https://doi.org/10.51494/jpdf.v5i1.1233